Senin, 04 Desember 2017 15:34 WITA

JBSI UNM Bakal Gelar Pementasan Dentuman Tragedi

Editor: Andi Chaerul Fadli
JBSI UNM Bakal Gelar Pementasan Dentuman Tragedi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Angkatan 2015, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Sosialisasi Pementasan Drama dengan tema "Dentuman Tragedi (DETAK 15)" di Panggung Daeng Pamatte, FBS UNM, Senin (4/12/2017).

Pementasan itu digelar sebagai akhir dari mata kuliah "Apresiasi Drama". Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberi respons terhadap realita melalui pertunjukan drama. Serta sebagai wadah ekspresi dan penyaluran bakat mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2015.

Salah satu dosen pengampuh mata kuliah "Apresiasi Drama", Aswati Asri mengatakan, melalui mata kuliah ini, mahasiswa telah berhasil melewati masa-masa yang sulit. 

JBSI UNM Bakal Gelar Pementasan Dentuman Tragedi

"Terus terang ini mata kuliah yang mengorbankan energi, waktu, materi, dan perasaan. Tetapi, teman-teman mahasiswa suatu saat akan rindu dengan moment seperti ini," imbuhnya.

Pementasan yang akan berlangsung di Auditorium Amanagappa UNM pada 6-7 Desember 2017 ini telah melakukan beberapa persiapan seperti, karantina. 

Pimpinan Produksi (Pimpro), Rismawan Bagus Setiadi mengatakan, untuk persiapan sudah 80 persen, hanya saja masih ada bagian-bagian tertentu yang harus dipermantap. 

Untuk itu, beberapa kelas melakukan karantina. Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) kelas A misalnya, melakukan karantina di dua tempat yakni, Pattalassang, Gowa (Kompleks, Zarindah Garden) dan pekarangan Kampus FBS UNM.

"Manfaat karantina itu adalah untuk tetap menjaga rasa yang telah dibangun dari awal penggarapan hingga akan naik ke panggung. Hal yang paling penting adalah tetap menjaga kekompakan," ungkapnya. 

Berdasarkan informasi yang diterima, “Dentuman Tragedi” Dalam pementasan ini akan menampilkan lima naskah drama dengan judul dan jadwal pementasan berikut ini:

1. Ramli Ramlah karya Azis Nojeng (PBSI A) Rabu, (6/12/2017) pukul 19.30-selesai
2. Mega-mega karya Arifin C. Noer (PBSI B). Rabu, (6/12/2017) pukul 20.30- selesai
3. Maling karya Auf Sahid (PBSI C), Kamis, (7/12/2017) pukul 19.30-selesai
4. Reweqni Amboku karya Usmar Ismail (PBSD A Bugis) Rabu, (6/12/2017) pukul 15.30-selesai
5. Kondo Buleng karya Muh. Jusuf Junus (PBSD B Makassar) Kamis, (7/12/2017) pukul 15.30-selesai.

Tags

Berita Terkait