Jumat, 01 Desember 2017 14:52 WITA

Sulsel Butuh 3.600 Guru, Berminat?

Editor: Fathul Khair Akmal
Sulsel Butuh 3.600 Guru, Berminat?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo menyebutkan, Sulsel kekurangan 3.600 tenaga pendidik (guru). 

Makanya, dibutuhkan sedikitnya 3.600 guru untuk menutupi kekurangan tersebut hingga tahun 2018 mendatang. Kekurangan itu, diakibatkan karena banyaknya guru yang akan pensiun tahun depan. 

"Kita di Sulsel masih kekurangan guru sampai 600 guru, tahun depan itu akan ada 3000 guru yang pensiun. Jadi total guru yang dibutuhkan sampai pada tahun depan sebanyak 3.600 guru," ujar Irman Yasin Limpo, Jumat (1/12/2017).

None, sapaan akrab Irman Yasin Limpo mengatakan, kekurangan tenaga pendidik di Sulsel ini, telah disampaikan ke BKD. Bahkan dalam rapat di Kemenko Kemaritiman beberapa waktu lalu, pihaknya meminta tambahan 1000 guru untuk bidang kemaritiman.

Hanya saja, selama ini ada perbedaan dalam menghitung angka kebutuhan guru. Entah itu menggunakan perhitungan rasio atau mata pelajaran. Jika dihitung berdasarkan mata pelajaran, bisa saja angka kebutuhan bisa meningkat. Terlebih dalam satu sekolah ada 16 mata pelajaran.

"Dalam satu tingkatan, minimal kita butuh 3 guru mata pelajaran. Artinya kalau dihitung untuk satu mata pelajaran dalam satu sekolah butuh 9 orang," jelasnya. 

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menegaskan akan membuka pendaftaran CPNS di seluruh daerah di Sulsel awal 2018 mendatang. 

Penerimaan CPNS tersebut akan disesuaikan dengan usulan bupati atau gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang dibutuhkan di daerah.

"Misalnya guru dan kesehatan. Jangan bidang pertanian misalnya yang ingin dibutuhkan, tetapi bidang pertanian, yang diusulkan," katanya.