Rabu, 29 November 2017 14:36 WITA

Teliti Sikap Guru, Dosen FKIP Sandang Gelar Doktor

Editor: Andi Chaerul Fadli
Teliti Sikap Guru, Dosen FKIP Sandang Gelar Doktor

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, Rosleny Babo berhasil meraih gelar Doktor, dalam bidang Ilmu Pendidikan, dengan predikat sangat memuaskan.

Gelar tersebut berhasil ia raih setelah sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul 'Sikap Guru Terhadap Perubahan Kurikulum Sekolah Dasar Pada Sekolah Mitra Program Pengalaman Lapangan Universitas Muhammadiyah Makassar', dalam ujian promo Doktor yang dilaksanakan, di Aula PPs UNM, Rabu (29/11/2017).

Dalam pemaparan disertasinya, Roesleny mengungkapkan, tujuan dari penelitiannya, salah satunya yakni, untuk mengungkap dan menggambarkan secara mendalam kasus perubahan kurikulum dari aspek pemahaman, persepsi, kesadaran, serta sikap kognitif guru SD terhadap perubahan kurikulum mitra PPL Unismuh, di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

"Peranan penting sikap guru dalam setiap perubahan kurikulum dalam lembaga pendidikan sangat fundamental, untuk itu, guru-guru juga harus dibentuk dari beberapa aspek," terang wanita yang juga mantan Wakil Rektor II Unismuh ini.

Adapun kesimpulan dari penilitian tersebut, beberapa diantaranya, yakni sikap kognitif guru SD terhadap perubahan kurikulum mitra PPL Unismuh di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, memiliki pemahaman berbeda terkait dengan perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke K13, serta sikap afektif guru SD terhadap perubahan kurikulum mitra PPL memiliki sikap afektif yang berbeda.

Setelah menerima ijazah, Roesleny kemudian mendapatkan ucapan selamat dari keluarga dan relasi yang hadir dalam kegiatan tersebut.