Selasa, 28 November 2017 11:12 WITA

Berkat Dukungan Keluarga, Wakil Rektor I Unismuh Raih Gelar Doktor

Editor: Andi Chaerul Fadli
Berkat Dukungan Keluarga, Wakil Rektor I Unismuh Raih Gelar Doktor

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kesuksesan Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Abdul Rakhim Nanda dalam meraih gelar doktor, tidak terlepas dari dukungan keluarga, serta kerabatnya.

"Banyak hal yang dilalui, namun pencapaian ini, berkat kesabaran dan dukungan dari banyak pihak, khususnya keluarga," ujarnya pada wartawan setelah ujian promosi doktor, Senin (27/11/2017).

Lelaki kelahiran 1968 ini menambahkan, ujian tersebut merupakan satu tahap yang berhasil ia lalui dalam proses perjalanannya menempuh dunia pendidikan. Menurutnya, setiap tantangan dalam melakukan penelitian, justru membuatnya semakin bersemangat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

"Saya meniliti ini saja selama 17 bulan, karena ini memang butuh ketelatenan dan kesabaran yang ekstra, karena kalau tidak demikian, kita harus ulang dari awal. Namun, disini saya lebih senang lagi karena lahir 12 sarjana/skripsi dari disertasi ini," tambahnya.

Berkat Dukungan Keluarga, Wakil Rektor I Unismuh Raih Gelar Doktor

Dihari yang sama, sebelum Rakhim melaksanakan ujian, Dosen Fakultas Teknik Unismuh, Nurnawaty yang juga merupakan istri dari Rakhim, terlebih dahulu mengikuti ujian Promosi Doktor, di lokasi yang sama.

Nurnawanty mengungkapkan, meski dirinya telah meraih gelar Doktor tersebut, namun ia mengaku, akan terus berupaya dalam memberikan kontribusi di dunia pendidikan.

"Ini merupakan suatu kewajiban seorang dosen, kita harus terus berkarya sembari memajukan dan mencetak mahasiswa, sebagai generasi yang membanggakan," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Rakhim berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul "Peranan Akar Pohon Sebagai Media Peningkatan Kapasitas Infiltrasi" dan Nurnawanty sukses mempertahankan disertasinya dengan judul "Studi Eksperimental Model Sekat Sail Semen Untuk Mengurangi Intrusi Air Asin Pada Akulfer Pantai" dihadapan para promotor, ko-promotor, serta pengujji.