Senin, 27 November 2017 16:02 WITA

Wakil Rektor I Unismuh Sandang Gelar Doktor

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Wakil Rektor I Unismuh Sandang Gelar Doktor

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Abdul Rakhim Nanda resmi menyandang gelar Doktor dalam bidang Teknik Sipil, melalui Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Pada ujian promosi Doktor tersebut, Rakhim sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul "Peranan Akar Pohon Sebagai Media Peningkatan Kapasitas Infiltrasi" di hadapan penguji, promotor, serta ko promotor, di Kampus Teknik Unhas, Gowa, Senin (27/11/2017).

Lelaki yang akrab disapa Rakhim ini memaparkan tentang infiltrasi, yakni proses masuknya air hujan ke dalam tanah dan turun ke permukaan air tanah. Ia pun mengungkapkan, penelitian tersebut dilakukan selama 17 bulan, yang dimulai sejak bulan Januari 2016 hingga Mei 2017. 

Saat memasuki sesi pertanyaan dan sanggahan, pria asal Enrekang ini dengan sigap menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh tim penguji. 

Berselang 10 menit setelah sesi tanya-jawab, ketua sidang Dr Wahyu H. Piarah menyatakan bahwa Rakhim lulus, dan mencapai predikat sangat memuaskan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,93.

Sebelum menutup sidang, Wahyu menyampaikan pesan khusus terhadap Rakhim dan Kepala Laboratorium Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Nurnawaty yang sebelumnya juga telah melaksanakan ujian promosi Doktor, agar terus mengasah ilmu dan berkontribusi dalam dunia pendidikan.

"Ini merupakan awal dari proses, masih banyak tantangan berat kedepannya, untuk itu jangan pernah berhenti dalam menuntut ilmu," pesan Wahyu.

Setelah menerima ijazah, Rakhim dan Nurnawaty kemudian mendapatkan ucapan selamat dari seluruh keluarga dan kerabat yang hadir dalam kegiatan tersebut.