Senin, 27 November 2017 13:18 WITA

Kepala Laboratorium Unismuh Raih Gelar Doktor

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kepala Laboratorium Unismuh Raih Gelar Doktor

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Laboratorium Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Nurnawati resmi meraih gelar Doktor dalam Bidang Teknik Sipil. Ujian promosi gelar doktor ini diselenggarakan di Gedung Kampus Teknik Unhas, Gowa, Senin (27/11/2017).

Dr Nurnawati berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul "Studi Eksperimental Model Sekat Sail Semen Untuk Mengurangi Intrusi Air Asin Pada Akulfer Pantai" dihadapan para promotor, ko-promotor, serta penguji.

Dalam pemaparan disertasinya, Nurnawati mengungkapkan tujuan dari penelitannya, yakni, menganalisis pola instrusi air laut ke dalam akuifer pantai dengan variasi tinggi muka air tanah terhadap muka air asin pada uji model fisik laboratorium.

"Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan pengaruh kedalaman sekat dan tebal sekat berbahan soil semen terhadap panjang intrusi," katanya.

Doktor sekaligus istri dari Wakil Rektor I Unismuh ini, mendapatkan predikat kelulusan sangat memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,90.

Disertasi yang dipaparkan ini, memiliki tiga kesimpulan, diantaranya, 1) Perbedaan tinggi muka air tanah dan muka air asin mempengaruhi panjang intrusi, jika tinggi muka air tawar lebih besar, maka pola intrusi air lebih pendek. Sebaliknya, jika tinggi muka air asin maka pola intrusi akan semakin masuk ke dalam akuifer menjauhi pantai, 2) Nilai intrusi terbesar terjadi pada saat kondisi muka air tanah lebih rendah dari muka air asin, 3) Bentuk persamaan panjang intrusi dalam akuifer pantai yang ditemukan dengan pengembangan metode Darcy dan rumus empirik lainnya.