Sabtu, 25 November 2017 15:59 WITA

FK UMI Rampungkan Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Dokter 

Penulis: Nur Izzati
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
FK UMI Rampungkan Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Dokter 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) batch 4 yang digelar oleh Fakultas Kedokteran (FK) UMI, telah selesai digelar, Sabtu (25/11/2017). 

"Alhamdulillah, hari ini OSCE (Objective Structure Clinical Examination) Ujian Mompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) batch 4, berakhir dengan lancar," ujar Dosen FK Universitas Muslim Indonesia (UMI), dr Rachmat Faisal Syamsu.

Ia menambahkan, Ujian Kompetensi tersebut adalah ujian akhir yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa, yang telah menyelesaikan seluruh stase dalam program pendidikan profesi dokter.

"Ujian ini terdiri dari dua komponen ujian yaitu Computer Based Test (CBT) berupa 200 soal dalam 200 menit dan Objective Structure Clinical Examination (OSCE) terdiri soal di 12 station dengan jangka waktu 15 menit per station," jelasnya.

Lebih lanjut, Faisal menuturkan, UKMPPD tersebut bertujuan untuk menjaga mutu lulusan pendidikan dokter, dan merupakan bentuk perlindungan terhadap masyarakat serta pengguna jasa layanan kedokteran. 

"Kegiatan ini dilaksanakan 4 kali dalam setahun, yakni setiap bulan Februari bacth 1, Mei batch 2, Agustus batch 3 dan November batch 4," tambahnya.

Ujian yang dilaksanakan di Menara UMI lantai 6 OSCE Center ini diikuti sebanyak 53 peserta. Waktu ujian kompetensi ini pun dibagi dalam dua sesi, yang pertama pukul 08.00 hingga 11.30 wita dan sesi kedua pukul 13.30 hingga 17.30 wita.

Adapun pengawas dalam ujian kompetensi tersebut, yakni Pengawas Pusat dari FK Palembang dr Liza, Koc FK UMI dr Zulfitriani Murfat dan Korlok dr Edward.

Tags