Sabtu, 25 November 2017 13:30 WITA

FTI UMI Gelar Kongres Pertama Program Profesi Insinyur

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
FTI UMI Gelar Kongres Pertama Program Profesi Insinyur
Dekan Fakultas Teknik Insidtri UMI, Zakir Sabara.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia menggelar Kongres Pertama, Badan Kerjasama Penyelenggara Program Profesi Insinyur (BKP-PPI), di Quality Plaza Hotel Makassar, Sabtu (25/11/2017).

Sekretaris Program Insinyur UMI, Taufik Nur, mengatakan, salah satu tujuan pertemuan ini adalah untuk menguatkan koordinasi antar Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri, yang menjadi penyelenggara program profesi dan program studi Insinyur di Indonesia.

"Kongres ini pertama kali diadakan di Indonesia, dan ada 40 perguruan tinggi yang terlibat," ujarnya.

Selain mempererat program insinyur antar PTS/PTN di Indonesia, lanjut Taufik, pertemuan program insinyur ini juga merupakan forum persamaan persepsi dalam membuat standarisasi, agar dapat melahirkan alumni insinyur yang berkualitas.

"Rencananya, kedepan kita mau menstandarisasi kurikulum pendidikan profesi insinyur. Untuk itu, di sini kita juga  akan sama-sama duduk bersama untuk membahas program profesi, kurikulum dan sebagainya," tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Industri UMI, Zakir Sabara mengungkapkan, Penyelenggara Profesi Insinyur se- Indonesia ini digagas saat rapat evaluasi dengan Kementerian Riset teknologi dan Perguruan Tinggi, yang dilakukan beberapa bulan lalu di Yogyakarta.

"Kegiatan ini merupakan tonggak yang baik untuk Indonesia dalam memperkuat kelembagaan insinyur di masing-masing perguruan tinggi. Terlebih lagi, di sini akan ada sharing antara seluruh penyelenggara program insinyur," tambahnya.

"Semoga insyinyur kembali ke fitrahnya untuk kembali menghasilkan insinyur yang baik," harap Zakir.

Berdasarkan informasi yang diterima, kegiatan tersebut akan diselenggarakan hingga tanggal 26 November, besok. Dimana, dalam setiap penyelenggaraannya, akan dipaparkan materi-materi terkait program profesi insinyur.

 

Tags