Jumat, 24 November 2017 14:27 WITA

Unismuh Makassar Bangun Masjid Subulussalam Al-Khoory

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Unismuh Makassar Bangun Masjid Subulussalam Al-Khoory

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan pencanangan pembangunan Masjid Subulussalam Al-Khoory, di Kampus Unismuh Makassar, Jumat (24/11/2017).

Pencanangan ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid, oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bersama Donatur Yayasan Muslim Asia (AMCF), Syekh DR Mohammad MT. Khoory.

Peletakan batu pertama tersebut, juga dihadiri oleh petinggi - petinggi kampus Unismuh. Diantaranya, Rektor Unismuh Dr Abdul Rahman Rahim, Wakil Rektor I, II, III dan IV, Dekan lingkup Unismuh, Anggota BPH Unismuh, serta beberapa pihak terkait lainnya.

Rektor unismuh, Dr Abdul Rahman mengatakan, proses pembangunan masjid tersebut direncanakan rampung tahun 2018 mendatang. Dimana, peresmiannya akan bertepatan dengan milad ke 55 Unismuh, pada Juli 2018.

"Nantinya, masjid ini akan dimanfaatkan dengan maksimal oleh civitas akademika unismuh makassar," ujarnya pada awak media.

Ia menambahkan, masjid yang terletak tepat di dalam kampus Unismuh ini juga kerap kali di kunjungi oleh masyarakat sekitar guna melaksanakan ibadah. Untuk itu, pihaknya akan menambah kapasitas masjid yang semula hanya mampu menampung 700 jamaah, kedepan bisa menampung hingga 3.000 jamaah.

"Tak sedikit masyarakat sekitar yang juga melakukan ibadah di sini, makanya, kita akan tambah jumlah kapasitas jemaah hingga 3 ribu, untuk di tiga lantai," terangnya.

Unismuh Makassar Bangun Masjid Subulussalam Al-KhooryRahman mengungkapkan, masjid yang akan dirancang dengan desain modern ini memiliki anggaran sebesar Rp7 miliar, yang merupakan dana hibah dari Asia Muslim Charity Foundation (AMCF).

"Masjid ini tidak hanya sebagai tempat shalat saja, tapi kita akan kembangkan grup diskusi untuk ilmu pengertahuan teknologi yang terintegrasi dengan al-islam, sehingga masjid kita ini bisa menjadi pusat peradaban kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto berharap, seluruh proses pembangunan Masjid Subulussalam Al-Khoory dapat berjalan dengan lancar. Sehingga secepatnya, masjid ini bisa berfungsi optimal sebagai pusat kegiatan dakwah sosial dan keagamaan.

"Nantinya, kehadiran masjid ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar dalam menyebarkan nilai-nilai keislaman, tentu hal semacam inilah yang harus kita selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.