Rabu, 22 November 2017 16:54 WITA

Fakultas Farmasi UMI Kukuhkan 24 Apoteker

Editor: Andi Chaerul Fadli
Fakultas Farmasi UMI Kukuhkan 24 Apoteker

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan pengambilan  sumpah apoteker angkatan I tahun akademi 2017/2018 terhadap 24 apoteker. Pengambilan sumpah ini dilakukan di Auditorium Al Jibra Kampus II UMI, Rabu (22/11/2017).  

Rektor UMI, Prof Masrurah Mokhtar mengatakan, pihak universitas bangga atas keberhasilan Fakultas Farmasi melaksanakan penyumpahan profesi apoteker untuk pertama kalinya. Ini menjadi sejarah baru di UMI.

"Kami juga berbangga karena Fakultas Farmasi mampu menjadi salah satu fakultas favorit pilihan calon mahasiswa yang akan mendaftar di UMI," kata dia dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Apotekeer Indonesia (IAI), Saleh Rustandi mengapresiasi civitas akademi Fakultas Farmasi UMI yang mengembangkan pendidikan profesi ini.

Fakultas Farmasi UMI Kukuhkan 24 Apoteker

"Kami percaya dengan 24 orang angkatan pertama ini akan menjadi apoteker yang membawa dampak positif di masa yang akan datang," ujar dia.

Sementara itu Ketua KFN, Nurul Falah Eddy Pariang menyampaikan,  proses penyumpahan ini merupakan langkah awal sebelum melakukan praktik kefarmasian. Sehingga pelaksanaan pelayanan keprofesian ini betul-betul dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. 

"Apoteker-apoteker sekarang menghadapi tantangan yang luar biasa, yakni tantangan kolaborasi dengan profesi-profesi kesehatan yang lain. Sehingga sangat dibutuhkan peningkatan-peningkatan kualitas dalam menjalani aktivitas pelayanan," jelas dia.

Pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Komite Farmasi Nasional, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker (IAI) Indonesia, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia, Rektor UMI, Dekan Fakultas Farmasi UMI, Ketua Program Studi Profesi Apoteker UMI, Dinas Kesehatan Provinsi SulSel, Orang tua dan Wali Apoteker yang disumpah, Instansi kesehatan yang menjadi mitra kerja sama dalam proses Pendidikan profesi apoteker UMI, dan sejumlah civitas akademik fakultas farmasi UMI.