Rabu, 22 November 2017 16:03 WITA

FK UMI Gelar Simulasi UKMPPD Nasional

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
FK UMI Gelar Simulasi UKMPPD Nasional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Kedokteran (FK) UMI menggelar kegiatan simulasi Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Hal ini dilakukan untuk membiasakan dan memberi gambaran bagi peserta ujian dalam menghadapi UKMPPD batch 4 pada 25 November mendatang. 

Ujian ini merupakan sesi akhir yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh stase dalam program pendidikan profesi dokter.

"Kegiatan simulasi ini rutin diadakan sejak tiga tahun lalu. Ini diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap peningkatan angka kelulusan dokter FK UMI," terang dr Edrward Spp selaku ketua panitia, Rabu (22/11/2017).

Dalam periode kali ini, kata Edward, sekitar 53 peserta akan mengikuti ujian Objective Structure Clinical Examination (OSCE) UKMPPD. Dimana, ujian nasional tersebut nantinya akan berlangsung selama 1 hari, pada 25 november mendatang.

"Ujian ini terdiri dari dua komponen ujian yaitu Computer Based Test (CBT) berupa 200 soal dalam 200 menit dan OSCE terdiri soal di 12 station dengan jangka waktu 15 menit per station," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, UKMPPD bertujuan untuk menjaga mutu lulusan pendidikan dokter dan merupakan bentuk perlindungan terhadap masyarakat serta pengguna jasa layanan kedokteran, yang dilaksanakan empat kali dalam setahun yaitu setiap bulan Februari batch 1, Mei batch 2, Agustus batch 3 dan November batch 4.

Berdasarkan informasi yang diterima, sebelum simulasi, panitia ujian terlebih dahulu melaksanakan bimbingan selama tiga hari. Dalam kesempatan tersebut peserta diberikan materi-materi atau skill yang dianggap penting.

Tags