Selasa, 21 November 2017 15:02 WITA

Tingkatkan Kesiagaan, STIKes Mega Rezky Gelar Pelatihan Simulasi 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tingkatkan Kesiagaan, STIKes Mega Rezky Gelar Pelatihan Simulasi 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KSR PMI unit 123 STIkes Mega Rezky melakukan simulasi pertolongan kebakaran, di gedung STIKIP Mega Rezky, Selasa (21/11/2017).

Dalam kegiatan ini, KSR PMI unit 123 STIKes Mega Rezky bekerja sama dengan PMI Kota Makassar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar.

Wakil Ketua III STIKes Mega Rezky Makassar, Syamsunie Carsel mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan khususnya di lingkungan kampus.

"Tujuan simulasi ini adalah bagaimana kita menanggulangi korban gawat darurat," ujarnya pada Rakyatku.com, Makassar, Selasa (21/11/2017).

Ia mengungkapkan, kampus STIKes Mega Rezky memiliki gedung yang berlantai lima, untuk itu sikap siaga adalah hal yang sangat diperlukan dalam mengantisipasi hal-hal yang buruk yang bisa terjadi kapan saja. 

"Kegiatan ini juga membina para mahasiswa dalam mengembangkan kepekaan sosial mereka," tambahnya.

Tingkatkan Kesiagaan, STIKes Mega Rezky Gelar Pelatihan Simulasi Dalam kegiatan tersebut, pihak KSR melakukan Bebatbidai (pembebatan dan pembidaian), yakni pertolongan pertama pada korban patah tulang. Dimana, simulasi ini didampingi langsung oleh pembina teknis KSR PMI unit 123 STIKes Mega Rezky, Ns Alfyan Rahim.

Simulasi ini, kata Carsel, adalah ajang aplikasi teori yang selama ini mahasiswa peroleh dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, ia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi wadah belajar dalam mengaplikasikan teori-teori ke dalam praktek. 

"Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa bisa memiliki kompetensi dalam menangani korban korban yang sesungguhnya," harap Carsel.