Rabu, 15 November 2017 18:45 WITA

Himakesmas FKM UMI Bakal Bedah Persoalan BPJS Kesehatan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Himakesmas FKM UMI Bakal Bedah Persoalan BPJS Kesehatan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Saat ini masih banyak masyarakat terutama kalangan menengah kebawah yang berada di pelosok kota hingga desa belum mengetahui regulasi jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Berangkat dari hal ini, Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) bakal menggelar Seminar Nasional Kesehatan, Minggu, (19/11/2017), di Auditorium Al Jibra.

Seminar ini akan menghadirkan Kepala Deputi BPJS Kesehatan Wiayah SulSelBarTra dan Maluku dr. I Made Puja Yasa AAK.

I Made Puja Yasa akan membawakan sub materi “Penyelenggaraan dan pelaksanaan pelayan BPJS di industri kesehatan”.

Ketua panitia, Saprianto mengaku, sering mendengar banyak keluhan mengenai penggunaan kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) saat mengikuti program akademik kampus Pengalaman Belajar Lapangan (PBL).

“BPJS kurang sosialisasi dan ini harus menjadi perhatian kami selaku mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat” ungkapnya saat ditemui di Sekretariat Himakesmas, Rabu (15/11/2017).

Kata dia, BPJS merupakan persoalan serius karena menyangkut masalah kesehatan. Sehingga masyarakat wajib tahu sebagai konsumen jaminan kesehatan di Indonesia.

“Semoga outputnya nanti, mahasiswa dan masyarakat sudah dapat mengetahui seluk beluk regulasi BPJS dan KIS, karena ini murni keluhan yang banyak kami dapati di lapangan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Umum Himakesmas FKM UMI, Ahmad Al Manar Bakri menyampaikan, dalam seminar nanti, pihaknya juga mengundang narasumber Dr. dr. Nasruddin AM. Sp. OG., MARS (Direktur RSIA ST. Khadijah 1 Makassar), drg. A. Rachmatika Dewi (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel), dan Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., Msc.PH., Ph.D (Ketua PERSAKMI Sulsel).

“Semoga bisa berjalan dengan lancar dan panitia mendapat pembelajaran banyak dalam proses hingga pasca kegiatan,” ujarnya.

Tags