Rabu, 15 November 2017 18:36 WITA

Sugiarti, Calon Jurnalis dari FKM UMI

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sugiarti, Calon Jurnalis dari FKM UMI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sugiarti atau akrab disapa Ogi, salah satu mahasiswa jurusan keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) merupakan salah satu alumni pelatihan jurnalistik Senat Mahasiswa (Sema) FKM UMI, 11-12 November lalu.

Ia mengaku tertarik untuk menjadi jurnalis sejak hari pertama pelatihan, salah satu alasannya karena pemateri yang hadir berasal dari berbagai jurnalis nasional maupun lokal yang memberinya motivasi.

“Kami diajarkan untuk bagaimana cara membuat redaksi kata yang baik, strategi dan manajemen media, serta etika seorang jurnalis,” ujar Ogi saat ditemui di kampusnya, Rabu (15/11/2017).

Kata dia, selama mahasiswa terlalu fokus pada visi misi fakultas sehingga hanya mempelajari ilmu-ilmu yang ada pada masing-masing Program Studi (Prodi).

“Peminat jurnalis masih sangat minim, padahal ilmu ini sangat bagus untuk melatih kemampuan menulis,” ucapnya.

Menurutnya, walaupun lulusan FKM, belum tentu dimasa depan mendapatkan rezeki sebagai tenaga kesehatan. Maka dari itu, mahasiswa harus dibekali dengan keterampilan lain.

“Tidak menutup kemungkinan nanti kita berprofesi lain. Tidak semua lulusan keperawatan langsung terjun jadi perawat,” jelasnya.

Terkait website FKM UMI, ia berharap agar mahasiswa bisa terjun langsung sebagai pengelola.

“Mahasiswa banyak tahu tentang apa yang terjadi di internal fakultas, semoga kedepannya kita bisa terlibat dalam pengelolaan website FKM UMI,” harapnya.
 

Tags