Selasa, 14 November 2017 06:01 WITA

Tes Assesmen Unhas Diragukan, Ini Kata Ketua LKPM UGM

Editor: Adil Patawai Anar
Tes Assesmen Unhas Diragukan, Ini Kata Ketua LKPM UGM


RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua tim lembaga pengembangan kualitas manusia (LKPM) UGM, Prof. Fathurrahman mengatakan, tes assesmen yang diikuti keenam bakal calon rektor Unhas merupakan tes strategis, dalam setiap proses pemilihan meski banyak yang menganggap jika tes ini hanya tes normatif. 

“Banyak orang mengira bahwa asesmen psikologi itu adalah tes, sehingga seringkali ada yang bilang ia gugur karena tes psikologi. Padahal tidak demikian. Hasil asesmen psikologi ini menghasilkan gambaran tentang postur psikologis seseorang.  Persoalan apakah layak atau tidak, itu tergantung pada kebutuhan dari setiap institusi,”papar Prof. Fathurrahman, Selasa (14/11/2017).

Ia menambahkan, seluruh pihak tidak perlu meragukan lembaga yang dipimpinnya karena telah berpengalaman dalam assesmen psikologi. Fakultas Psikologi UGM, menurut Prof. Fathurrahman, telah berpengalaman sehingga proses seperti ini bukan merupakan hal baru.

"Sehingga hasilnya pun dapat dipertanggungjawabkan," imbuhnya.

Hal yang dikatakan Prof. Fathurrahman semakin diperkuat dengan data bahwa seorang asesor yang turut hadir pada kesempatan ini, yaitu Prof. Budi S. Wignyosukarto, baru saja mengikuti pelatihan asesmen psikologis dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) khusus untuk asesmen integritas.

Sebelumnya, enam bakal calon rektor Unhas periode 2018-2022 telah mengikuti tes assesmen sebagai salah satu tea yang masuk dalam tahap penjaringan bakal calon rektor Unhas di Hotel Novotel, Senin (13/11/2017).

Keenam bakal calon rektor unhas yang telah mengikuti tes ini ialah Prof Dwia, Prof Abrar Saleng, Prof Hamka Naping, Prof Yunus Zain, Dr Muh. Ramli dan seorang dosen Kopertis IX, Dr Ikram Idrus. 

Pada tanggal 13 November 2017 ini, proses asesmen terdiri atas asesmen tertulis dan Focus Group Discussion (FGD) Kepemimpinan berlangsung sehari penuh. Sementara asesmen wawancara individual akan berlangsung pada Selasa, 14 November 2017.