Senin, 06 November 2017 23:16 WITA

Profil Panelis Tes Pemaparan Makalah Balon Rektor Unhas

Editor: Adil Patawai Anar
Profil Panelis Tes Pemaparan Makalah Balon Rektor Unhas

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu tes yang akan dihadapi bakal calon rektor Unhas pada tahap penjaringan mendatang ialah tes persentasi makalah. Tes ini diprediksikan bakal seru karena akan berlangsung terbuka dan bisa disaksikan oleh perwakilan masyarakat. 

Humas Unhas Ishaq Rahman dalam rilisnya menyampaikan, tes ini akan diselenggarakan pada 29 November mendatang di Baruga A. P Pettarani Universitas Hasanuddin.

Pihaknya akan mengundang wakil-wakil masyarakat dari berbagai organisasi sosial kemasyarakatan, pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Makassar dan sekitarnya, serta pimpinan Kopertis Wilayah IX.

"Persentasi makalah ini bakal meliputi visi, misi, dan program setiap bakal calon dihadapan civitas akademika dan para panelis,"ungkap Ishaq Rahman sesaat lalu. 

Para panelis yang dihadirkan pada pemaparan makalah ini tidak tanggung-tanggung. Seperti tokoh-tokoh besar yang berasal dari kampus merah tersebut. Ketiga panelis tersebut ialah  Prof. Rady A. Gani, Prof. Deddy T. Tikson, dan Prof. Jamaluddin Jompa. Para panelis ini nantinya akan menggali pemikiran dan gagasan setiap bakal calon.

Prof. Rady A Gani. Mungkin nama Rady A Gani tidak terasa asing bagi masyarakat Wajo. Bagaimana tidak, sebelum menjabat sebagai rektor Unhas, Prof. Rady A Gani pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Wajo pada tahun 1985 hingga 1993. 

Usai menjabat sebagai bupati, Prof. Rady kemudian menjadi rektor Unhas pada tahun 1997 hingga 2006. Jabatan ini pun dipegangnya selama dua periode. 

Setelah menjabat sebagai rektor, karir Prof. Rady semakin cemerlang ketika pada pemerintahan presiden SBY, ia diangkat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden bidan pertanian. Hingga saat ini, Prof. Gani masih sering berkontribusi untuk Unhas. 

Panelis kedua ialah Prof. Deddy T Tikson. Guru besar kelahiran Bandung, 2 Desember 1948 ini merupakan guru besar di bidang Ilmu Administrasi Pembangunan pada Program Studi Ilmu Administrasi Fisipol Unhas. Ia juga sering menjadi pengamat pemerintahan dan menjadi pemateri pada kuliah umum yang dilaksanakan universitas ternama di Makassar. 

Panelis ketiga jatuh pada Prof. Jamaluddin Jompa. Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas ini salah satu dosen yang memiliki segudang prestasi di Indonesia. Pasalnya pada tahun 2016, dikutip dari situs resmi Unhas ia pernah dianugerahi sebagai dosen berprestasi sebagai kategori sitasi terbanyak (h-index) unhas. 

Selain itu dekan fakultas ilmu kelautan dan perikanan Unhas ini juga memiliki 36 jurnal terindeks scopus dengan h-indeks 18. Jurnal yang ditulis telah berkontribusi ilmiah dengan disitasi sebanyak 1.510 pada 1.270 dokumen. Sebelum meraih guru besar, Prof. Jamaluddin juga adalah alumni Marine Biology James Cook University Australia. 

Menarik untuk melihat kiprah ketiga panelis ini untuk menilai bakal calon pemimpin di kampus merah tersebut. Siapakah yang akan lolos pada tahap penjaringan ini? Menarik untuk diikuti.