Kamis, 02 November 2017 23:14 WITA

Himakesmas FKM UMI Akan Gelar Seminar Nasional Kesehatan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Himakesmas FKM UMI Akan Gelar Seminar Nasional Kesehatan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan menggelar Seminar Nasional Kesehatan.

Seminar ini akan membahas terkait konsentrasi Administrasi Kebijakan Kesehatan, dengan mengangkat tema "Strategi pelayanan industri kesehatan dalam mencapai universal health coverage 2019".

Koordinator Steering Committe, Adi Putra Pratama mengatakan, rencananya kegiatan ini akan digelar pada Minggu, 19 November 2017 mendatang, di Auditorium Al Jibra UMI, Jalan Urip Sumiharjo. Seminar ini akan mengupas terkait program pemerintah dalam pemerataan penggunaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

"Pemerintah menargetkan maksimal pemerataan penggunaan JKN KIS pada 2019 mendatang," ujarnya, Kamis (2/11/2017).

Ia menambahkan, penggunaan JKN KIS di kalangan menengah ke bawah juga perlu diperhatikan, sebab masih banyak yang mengeluh persoalan biaya iuran perbulannya.

"Ini yang harus dibenahi, karena dalam pencapaian target pelaksanaan program pemerintah, itu mencakup semua strata sosial," tuturnya.

Adi yang juga merupakan Anggota Bidang Keilmuan Senat Mahasiswa (SEMA) FKM UMI ini mengatakan, narasumber yang akan hadir merupakan orang yang berkecimpung pada administrasi kebijakan kesehatan.

"Pematerinya belum fix tapi Insya Allah yang akan hadir dari kalangan akademisi, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BJPS) dan pihak Rumah Sakit," ungkapnya.

Sementara, Anggota bidang Hubungan Masyarakat Himakesmas FKM UMI, Sartika Eka Karla berharap, kehadiran mahasiswa kesehatan masyarakat pada seminar nantinya bisa maksimal.

"Agar ada pemahaman awal terkait teknis penggunaan JKN KIS di Rumah Sakit sebelum menjadi alumni," ujarnya.

"Kegiatan ini akan menggandeng media dalam publikasinya, semoga dengan ini juga bisa meningkatkan eksistensi Himakesmas FKM UMI agar dikenal di masyarakat luas," ungkap Tika sapaan akrabnya.

Tags