Senin, 30 Oktober 2017 17:03 WITA

Rektor UNM Imbau Mahasiswanya Lawan Radikalis

Editor: Almaliki
Rektor UNM Imbau Mahasiswanya Lawan Radikalis
Prof Husain Syam

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, mengajak kepada seluruh sivitas akademik UNM untuk melawan segala bentuk radikalisme yang digerakkan oleh kelompok-kelompok mahasiswa.

Hal ini ia ungkapkan di acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di lobi menara Phinisi UNM, Senin (30/10/2017).

"Khususnya di UNM ini, jika ada yang mencoba membuat gerakan-gerakan radikalisme, maka itu adalah lawan kita bersama," kata Rektor UNM kepada Wartawan, Senin (30/10/2017).

Husain menambahkan, jika ada pihak yang memaksakan untuk menanam bibit-bibit gerakan radikalisme di UNM, maka pihaknya tidak akan membuat hal itu terjadi.

Maka ia menganjurkan untuk menghargai setiap perbedaan yang digunakan untuk mempersatukan dan memelihara persatuan.

"Tidak kita biarkan ada paham-paham yang melawan ideologi di dalam kampus dan coba memberi paham kepada mahasiswa lain maupun organisasi, itu tidak boleh. Makanya kami bentuk pengawasan di bidang kemahasiswaan, baik jurusan, prodi, dan fakultas harus mengawal jika ada paham tersebut," tegasnya.

Untuk menyiasati itu, mantan Dekan Fakultas Teknik ini mengatakan, bahwa hingga saat ini UNM masih mewajibkan mata kuliah kewarganegaraan dan Pancasila di setiap jurusan yang ada di UNM. 

"Sampai sekarang kita masih wajibkan mata kuliah Pancasila dan kewarganegaraan di semua jurusan, dan saya kira cuma kita (UNM) yang masih menerapkan itu. Kenapa? Supaya mahasiswa kita bisa paham, bahwa kita satu idealisme, yaitu pancasila. Tidak ada idealisme lain yang coba merusak tatanan bangsa kita," pungkasnya.

Tags

Berita Terkait