Jumat, 27 Oktober 2017 16:35 WITA

Rektor Unhas: Sulsel Punya Potensi Jadi Gerbang Indonesia

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Rektor Unhas: Sulsel Punya Potensi Jadi Gerbang Indonesia
Dialog Sulawesi Selatan Gerbang Konektivitas Indonesia Timur di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat (27/10/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan bahwa Sulawesi jangan hanya dilihat sebagai gerbang konektivitas di Indonesia Timur. Ia mengungkapkan, Sulsel memiliki potensi untuk menjadi gerbang Indonesia yang sesungguhnya. 

Hal ini ia ungkapkan saat memberi sambutan dialog sinergi membangun bangsa yang dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Aula Prof Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas, Jumat (27/10/2017).

"Kita ingin jadikan Sulsel sebagai gerbang di Indonesia tidak hanya di timur Pak," ujar Prof Dwia di hadapan Menteri Perhubungan yang dilanjutkan tepuk tangan oleh para peserta. 

Perkataan Prof Dwia ini dipicu pada tema dialog sendiri yang menuliskan Sulawesi Selatan Gerbang Konektivitas Indonesia Timur. Ia menyoroti tema yang terlalu berstreotip bahwa Sulsel masih menjadi daerah yang lebih kecil dibanding daerah di Jawa. 

Prof Dwia menambahkan jika dibanding dengan sejarah-sejarah yang ada di Indonesia, sejarah di Indonesia Timur hanya jadi sejarah pembuangan dibanding sejarah-sejarah yang ada di Jawa. Untuk itu ia berharap bahwa paradigma seperti ini bisa dihilangkan agar ada kesetaraan di setiap daerah di Indonesia. 

"Sejarah pada umumnya hanya ada di Jawa. Kalau di Indonesia Timur hanya jadi sejarah pembuangan. Soekarno dibuang di Boven Digul misalnya," imbuhnya. 

Usai memberi sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow. Satiris kondang, Effendi Gazali menjadi pemandu acara pada talk show yang berlangsung di kampus merah ini. 

Tags