Kamis, 26 Oktober 2017 18:21 WITA

Di Hadapan Mahasiswa, AHY: Jempolmu Harimaumu!

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Di Hadapan Mahasiswa, AHY: Jempolmu Harimaumu!
Agus Harimurti Yudhoyono, Kamis (26/10/2017). Foto: Muh Fadel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono mengingatkan para generasi muda untuk berhati-hati menggunakan sosial media. Menurutnya, sosial media kini digunakan sebagai wahana pengujar kebencian. 

Hal tersebut diungkapkan Agus saat memberi kuliah umum di hadapan mahasiswa di Baruga AP. Pettarani, Kampus Universitas Hasanuddin, Kamis (26/10/2017).

"Ingat! sosial media juga akan menghadirkan permasalahan-permasalahan baru di dunia termasuk Indonesia. Jika tidak digunakan secara bertanggung jawab, maka akan menjadi wahana propaganda untuk menebar fitnah, black campaign, berita, ujaran kebencian," kata pria yang akrab disapa AHY ini. 

Di Hadapan Mahasiswa, AHY: Jempolmu Harimaumu!

AHY menambahkan, dengan merajalelanya berita-berita hoax yang ada di Indonesia, maka tentu ini akan menjadi berbahaya bagi setiap orang. Ia beranggapan bahwa karakter seseorang akan sangat mudah terbunuh dengan mudahnya mempercayai berita-berita hoax.

"Untuk mengklarifikasinya sulit, tidak selalu mudah," imbuhnya saat menjelaskan cara memgatasi beredarmya berita hoax.

Di Hadapan Mahasiswa, AHY: Jempolmu Harimaumu!Di Hadapan Mahasiswa, AHY: Jempolmu Harimaumu!

Ia pun mengajak para mahasiswa untuk mencegah diri masing-masing, terlibat pada praktik-praktik menebar kebencian yang menurutnya akan merusak persatuan di Indonesia. 

"Mari bertanggungjawab menjadi generasi yang tidak mudah percaya pada berita hoax. Kalau dulu mulutmu harimaumu, sekarang jempolmu harimaumu," tukasnya.