Kamis, 26 Oktober 2017 17:08 WITA

Yusrah, Ajari Mahasiswa FKM UMI Jalin Kepercayaan dengan Pasien

Editor: Andi Chaerul Fadli
Yusrah, Ajari Mahasiswa FKM UMI Jalin Kepercayaan dengan Pasien

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam mewujudkan integritas diri setiap manusia sebagai bagian dari sistem sosial. Hubungan interaksi diantara individu merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah lepas dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

Yusrah Taqiyah, salah satu dosen di Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI). Salah satu mata kuliah yang Ia ajarkan yaitu Komunikasi Keperawatan.

Yusrah telah menjadi dosen tetap Yayasan Wakaf UMI sejak tahun 2013 sampai sekarang.

Perempuan kelahiran Makassar, 14 Maret 1988 menyampaikan, komunikasi keperawatan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di program oleh mahasiswa. Komunikasi dalam keperawatan biasa disebut komunikasi terapeutik.

"Komunikasi terapeutik itu suatu proses membina hubungan saling percaya antara perawat dengan pasien dan keluarganya," ujarnya saat ditemui usai mengajar di Lantai 4 Gedung FKM UMI, Kamis (26/10/2017).

Dirinya mengaku, dalam komunikasi terdiri atas beberapa komponen diantaranya komunikator, komunikan, pesan, media, dan feed back.

"Tujuannya untuk memperoleh informasi dari pasien guna membantu memenuhi kebutuhan serta memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi," ujar ibu ber-anak 2 ini.

Istri dari Sofyan ini mengatakan, dalam dunia keperawatan, komunikasi sangat diperlukan untuk memperoleh data dari pasien guna penegakan diagnosis sebagai langkah awal untuk memberikan penanganan kesehatan terhadap masalah penyakit yang diderita.

"Pembelajaran ini sangat penting, karena mengajarkan etika perawat dalam segi komunikasinya," ujarnya sambil tersenyum.

Alumni S2 Pascasarjana UMI ini juga memiliki pengalaman kerja dibidang kesehatan sebelum menjadi tenaga pengajar di FKM.

"Saya pernah menjadi perawat pelaksana di IGD Bedah RSUP Wahidin Sudirohusodo dan juga perawat pelaksana ruang perawatan internal RSU Sayang Rakyat," tuturnya.

Dirinya menyampaikan kesannya sebagai dosen itu bukanlah hal yang mudah, karena tugasnya mendidik mahasiswa dari yang tidak tahu menjadi seorang profesional. Menjadi tenaga pengajar juga harus pintar mengatur waktu dalam mengerjakan tri dharma perguruan tinggi.

"Selain mengajar, seorang dosen juga wajib melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ujarnya.

Yusrah berpesan kepada mahasiswa agar berbangga menjadi calon perawat karena profesi ini merupakan tugas yang mulia.

"Jika sudah menjadi lulusan perawat harapan saya tetap tanamkan sikap care dalam menghadapi pasien," tutupnya.

Biodata

Nama : Yusrah Taqiyah, S.Kep., Ns., M.Kes
TTL : Makassar, 14 Maret 1988
Alamat : Jalan Al Markas Perumahan Bumi Sunu Permai D 25
Email: yusrah.taqiyah@yahoo.co.id
Status : Menikah 
Suami : Sofyan
Anak : Syafiyah Azzahrah Sofyan, Muh. Syafaat Sofyan

Riwayat Pendidikan Tinggi
S1 Keperawatan FKM UMI
Ners Stikes Mega Rizky
S2 Peminatan Kesehatan Reproduksi Pascasarjana UMI

Tags