Kamis, 26 Oktober 2017 16:03 WITA

Ini Cara FKM UMI Ajak Warga Desa Hidup Sehat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini Cara FKM UMI Ajak Warga Desa Hidup Sehat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga. Kondisi sehat merupakan modal bagi seseorang untuk merasakan dan mengupayakan nikmat yang lainnya. 

Dengan demikian, sudah semestinya kita memahami dan selalu menjaga kesehatan. Mencintai kesehatan, berarti kita mencintai diri kita sendiri.

Hal ini disampaikan Nurnaningsi, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI). Dia merasa memiliki tanggung jawab sebagai pemuda yang mengenyam pendidikan di bidang kesehatan untuk menyehatkan warga desanya.

"Saya mengajak tetangga yang kebetulan bekerja di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bantimurung untuk mengadakan kegiatan senam sore di Desa Tompobalang, Kecamatan Maros," ujarnya saat ditemui di kampusnya, Kamis (26/10/2017).

Kegiatan senam ini rutin diadakan setiap hari Rabu sore sejak tanggal 30 Agustus 2017 hingga sekarang di halaman rumah warga dengan mengundang instruktur yang bekerja di Puskesmas.

"Cukup membayar Rp 5000 per orang, warga sudah bisa mengikuti kegiatan senam sore, dan pembayaran ini langsung ke instruktur senam," jelasnya.

Ia mengaku, apresiasi warga setempat terhadap ajakan hidup sehat cukup baik. Hal ini dikarenakan, sebelumnya hampir tidak ada kegiatan olahraga yang diadakan di desa itu.

"Peserta didominasi oleh para ibu-ibu dan para manula, hanya sedikit generasi muda yang mengikuti. Padahal kesehatan untuk segala usia," tuturnya.
 

Tags