Rabu, 25 Oktober 2017 11:33 WITA

FTI UMI Kumpulkan Dosen Teknik Industri di Aryaduta Hotel

Editor: Andi Chaerul Fadli
FTI UMI Kumpulkan Dosen Teknik Industri di Aryaduta Hotel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar International Conference on Industrial Technology for Sustainable Development (ICon-ITSD) di Hotel Aryaduta, Makassar. Kegiatan ini dimulai pada 25-26 Oktober.

Chairman of The Committee ICon-ITSD, Syamsuddin Yani mengatakan, pelaksanaan konferensi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dari dosen dan peneliti untuk mempublikasikan karyanya. Menurutnya, saat ini semangat dosen dan peneliti untuk mempublikasikan karyanya sangat lemah.

"Kalau hasil penelitian tidak di publish, tentu masyarakat tidak akan mengetahui. Makanya, kegiatan konferensi ini merupakan wadah bagi dosen dan peneliti di seluruh dunia, untuk bisa mempublish penelitiannya," ujarnya, Rabu (25/10/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam Konferensi ini akan terbagi atas tiga program konferensi. Diantaranya, konfrensi internasional 64 makalah, seminar nasional 36 makalah, dan kolokium 44 makalah untuk mahasiswa program profesi insinyur. Sementara bagi mahasiswa, mereka ikut serta dengan presentasi poster sebanyak 12 poster. 

FTI UMI Kumpulkan Dosen Teknik Industri di Aryaduta Hotel

"Nantinya, makalah yang terseleksi, yang memenuhi syarat akan di-publish share yang terindeks, karena kualitas suatu penelitian itu dilihat dari publikasi itu," tambahnya.

Sementara itu, Dekan FTI UMI Zakir Sabara mengatakan, Pelaksanaan konferensi ini menjadi langkah maju FTI UMI untuk memberikan kesempatan kepada semua dosen dan mahasiswa untuk memiliki nomor identitas di Scopus.

"Partisipasi peserta tidak hanya dari perguruan tinggi di Sulawesi saja tetapi juga berasal dari perguruan tinggi luar negeri dan dari Pulau Jawa," katanya.

Dikesempatan yang sama, Prof IGBN Makertiharta dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, kegiatan konferensi ini merupakan hal yang sangat penting bagi banyak aspek, mengingat terdapat beberapa masalah yang ada di Indonesia, termasuk masalah SDM-nya.

FTI UMI Kumpulkan Dosen Teknik Industri di Aryaduta Hotel

"Ini merupakan konferensi yang pertama, dan ini harus dilanjutkan, karena kita harus punya motivasi yang bisa memberikan semangat yang lebih pada dosen atau peneliti yang telah membuat banyak karya," tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri pembicara kunci dari mancanegara. Diantaranya, Prof. Michele Rosano Curtin dari University Australia, Prof Herve Boileau dari University Savoie Mont Blanc Perancis, dan Prof Satoshi Muraki Kyushu dari University Jepang. 

Berdasarkan informasi yang diterima, pihak FTI UMI akan memberikan kesempatan kepada seluruh peserta ICon-ITSD, untuk mengunjungi beberapa tempat di Kota Makassar. Diantaranya, Pantai Losari, Masjid Amirul Mukmin (Masjid Terapung), Fort Rotterdam, Makam Diponegoro dan gedung FTI UMI, dan beberapa tempat lainnya.


Berikut daftar perguruan tinggi yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ICon-ITSD :

- China Uni Petrolium
- Institut Teknologi Bandung
- institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
- Univeristas Gadjah Mada, Yogyakarya
- Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
- Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta
- UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
- Universitas Hasanuddin, Makassar
- Universitas Diponegoro, Semarang
- Universitas Sultan Agung, Semarang
- Universitas Tadulako, Palu
- Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
- Politeknik Bandung
- Universitas Riau
- Universitas Halu Uleo, Kendari
- Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
- STIKES Mandala Waluya, Kendari
- IAIN Kendari
- STAIN Sorong
- Politeknik Nasional, Makassar
- Universitas Islam Makassar, Makassar
- Universitas Fajar, Makassar
- Univeristas Muslim Indonesia, Makassar

Tags