Rabu, 25 Oktober 2017 05:00 WITA

Pilrek Unhas

Punya Hak Suara Tapi BEM-U Belum Terbentuk, Begini Saran Panitia

Editor: Fathul Khair Akmal
Punya Hak Suara Tapi BEM-U Belum Terbentuk, Begini Saran Panitia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas yang terancam tidak akan memilih calon rektor tahun 2018 mendatang, yakni perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U). Hal ini dikarenakan hingga saat ini, mahasiswa Unhas belum memiliki lembaga kemahasiswaan tersebut. 

Prof Nasaruddin selaku panitia pemilihan rektor Unhas saat ditanya mengenai hal ini mengaku, tidak mempermasalahkan hal tersebut. Ia menegaskan jika sampai pada proses pemilihan perwakilan BEM Universitas tidak ada, maka pemilihan tetap akan berjalan dan tidak menciderai proses pemilihan tersebut. 

"Secara SK memang sudah ada dalam arti lembaga ya, kan dia ex-officio. Kalau orangnya tidak ada ya tidak masalah tetap jalan terus, artinya satu orang itu dianggap tidak hadir," terang Prof Nasaruddin kepada Rakyatku.com, Selasa (24/10/2017) malam. 

Nasaruddin mengatakan, hingga saat ini, pihak Universitas masih berusaha memfasilitasi agar BEM Universitas Unhas bisa terbentuk dalam waktu dekat ini. 

Ia juga menambahkan jika hingga menjelang pemilihan rektor, BEM Universitas tidak terbentuk, maka bisa diganti dengan perwakilan mahasiswa saja. Ia pun berharap jika para mahasiswa BEM di tiap-tiap fakultas berkumpul lalu membuat forum agar ada perwakilan mahasiswa di MWA pada pilrek mendatang. 

"Kalau seluruh BEM fakultas ini menyatu membuat forum BEM Universitas misalnya dan itu dimusyawarahkan dan diakui, bisa. Yang penting lembaga itu diakui dalam hal ini di SK-kan sebagai pengganti BEM Universitas,"imbuhnya. 

"Karena sekali lagi kami sudah menyediakan haknya. Hak memilihnya (mahasiswa) sudah ada, tetapi kalau haknya tidak dipenuhi ya tidak masalah pemilihan tetap berjalan," pungkasnya.