13 October 2017 08:26 WITA

Tak Gunakan Absensi Online, Ini Solusi Disdik Sulsel untuk Sekolah Terpencil

Editor: Fathul Khair Akmal
Tak Gunakan Absensi Online, Ini Solusi Disdik Sulsel untuk Sekolah Terpencil
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel,Irman Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel membuat absensi khusus untuk para guru dan kepala sekolah. Absensi itu memanfaatkan jaringan internet yang dapat tersambung langsung dengan kantor Disdik Sulsel di Makassar. 

Namun, harus diakui bahwa masih banyak daerah di Sulsel yang belum terjangkau oleh jaringan internet. Sehingga aplikasi e-Panrita yang harus memanfaatkan jaringan internet, tidak bisa difungsikan di daerah yang masih belum ada jaringannya. 

Disdik Sulsel pun masih mencarikan solusi yang tepat untuk hal itu. Sebab, aplikasi e-Panrita dibuat untuk mengawasi guru dan kepala sekolah agar tidak bolos saat jam mengajar. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad mengatakan, pihaknya masih mencari solusi yang tepat untuk daerah remote area atau daerah terpencil. Sebab, jangan sampai guru dan kepala sekolah di daerah remote area seenaknya saja dalam mengajar. 

"Untuk sekolah yang masih belum terjangkau jaringan akan kita carikan solusi, karena e-Panrita membutuhkan dukungan infrastruktur seperti jaringan. Tidak bisa kita juga tutup mata bahwa masih ada sekolah yang belum bisa terjangkau oleh jaringan," ujar Setiawan Aswad. 

Untuk saat ini, katanya, pihaknya masih akan mengontrol guru dan Kepala sekolah di daerah remote area dengan cara manual. Disamping Disdik Sulsel memikirkan solusi yang lebih tepat. 

"Misalnya kita juga bisa membuat absensi mereka tidak online langsung, nanti pada jam-jam tertentu disinkronisasi ke Disdik Sulsel. Misalnya datanya direkam dulu selama satu bulan setelah itu disinkronisasi di pusat data," jelasnya. 

Ia menambahkan, e-panrita untuk saat ini masih dikhususkan untuk daerah yang terjangkau jaringan internet. "Artinya dia bisa bekerja maksimal selama ada infrastruktur elektronik atau IT di situ," tutupnya.