09 October 2017 19:51 WITA

Profesi Ners FKM UMI Bimbing Mahasiswa Keperawatan Spiritual 

Editor: Fathul Khair Akmal
Profesi Ners FKM UMI Bimbing Mahasiswa Keperawatan Spiritual 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) bimbing mahasiswanya ilmu keperawatan spiritual.

Pembimbingan ini dilakukan sebelum Osce atau Objective structured clinical examination yang merupakan metode ujian mengevaluasi pengetahuan mahasiswa dalam bidang keperawatan.

Dosen Prodi Profesi Ners Samsu Alam yang memeberikan bimbingan mengaku sebagai perguruan tinggi Islam, FKM UMI harus melahirkan alumni yang paham tentang ilmu spritual dalam penanganan perawat kepada pasien.

"Sebagai perawat mereka juga harus tahu bagaimana memberikan tindakan keperwatan secara spiritual," ujarnya, Senin (9/10/2017).

"Selaku dosen saya mempunyai tanggungjawab agar bisa melahirkan alumni yang mempunyai integritas diwilayah itu," sambungnya.

Dosen Mata kuliah Keperawatan Spiritual ini mengaku materi ini sangat penting karena ada 4 komponen yang harus dipahami dalam menghadapi pasien, yaitu fisik, psikologis, sosial dan spiritual.

"Oleh karena itu pembelajaran keperawatan spiritual sangat penting, agar bisa memenuhi salah satu komponen dalam menghadapi pasien," ujarnya

Dirinya berharap agar alumni Profesi Ners FKM UMI kedepannya bisa mempunyai inovasi dan kreatifitas dalam rutinitasnya sehari-hari sebagai perawat nantinya.

"Aqidah, syariah dan akhlak. Tiga konsep ini yang harus diimplementasikan dalam tindakan keperawatan," tutupnya.

Tags