07 October 2017 12:43 WITA

YPUP Deklarasikan Manifesto Kebangsaan

Editor: Fathul Khair Akmal
YPUP Deklarasikan Manifesto Kebangsaan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) Makassar menggelar Seminar Nasional Kebangsaan, dengan tema 'Membangkitkan Spirit Kebangsaan dari Kampus', di Gedung Bersama Balai Bahagia STIE YPUP, Sabtu (7/10/2017).

Dalam sambutannya, Ketua YPUP Asrul Rahim mengatakan, meningkatkan spirit merupakan hal utama dalam menangkal radikalisme yang dapat memecah belah bangsa Indonesia. Salah satunya, dengan cara membangkitkan wawasan dan jiwa kebangsaan, utamanya terhadap mahasiswa.

"Ini sangat penting utamanya dalam menangkal radikalisme. Karena sekarang ini, banyak pengaruh dari luar dan dalam yang berpotensi memecah belah bangsa kita. Untuk itu, dengan membangkitkan wawasan dan jiwa kebangsaan kita utamanya kepada mahasiswa, mari cegah perpecahan itu terjadi, dengan membangkitkan semangat belajar. Kita menempatkan mahasiswa sebagai insan intelektual dalam meraih cita-citanya," paparnya.

Kegiatan Seminar Nasional Kebangsaan ini, dirangkaikan dengan Deklarasi Manifesto Kebangsaan yang dilakukan oleh mahasiswa YPUP.

Ketua Panitia, Harry Yulianto mengatakan, deklarasi tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan Negara Indonesia.

"Kami dari YPUP berharap, ini bisa menjadi pemicu kepada mahasiswa di Indonesia khususnya di Kota Makassar untuk terus menjunjung tinggi spirit persatuan Indonesia," ujarnya.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, tokoh pergerakan nasional, Andi Muawiyah Ramli, Guru Besar Universitas Hasanuddin Arifin Hamid, Akademisi UIN Alauddin Firdaus Muhammad. 

Di akhir acara, Asrul Rahim memberikan cendramata kepada ketiga pemateri, dan dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama dengan petinggi kampus YPUP.

Tags

Berita Terkait