Kamis, 05 Oktober 2017 08:39 WITA

Jelang Spinal 2 FK UMI, Panitia Matangkan Persiapan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jelang Spinal 2 FK UMI, Panitia Matangkan Persiapan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ikatan Alumni dan Civitas Akademika Fakultas Kedokteran UMI bakal menggelar Silaturrahmi dan Pertemuan Ilmiah Nasional Berkala kedua (SPINAL 2). Untuk itu Panitia Spinal 2 terus mematangkan persiapan demi kesuksesan berlangsungnya acara. 

Acara ini akan berlangsung pada 14-15 Oktober 2017 di  Four Points by Sheraton Makassar. Spinal 2 ini juga sekaligus menjadi rangkaian kegiatan 25 tahun FK UMI dari 1992 hingga 2017.

Rangkaian kegiatan Spinal 2 ini terdiri atas pertemuan Ilmiah Nasional, lomba poster ilmiah, malam kesejawatan dan temu alumni, jalan santai, lomba foto jadul dan family gathering. 

"Rencananya pada kegiatan pertemuan ilmiah akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Ketua Umum PB IDi dan Gubernur Sulsel serta kurang lebih 20 narasumber," kata ketua panitia, dr Shulhana Mokhtar, Kamis (5/10/2017). 

Ketua Umum Ikatan Alumni FK UMI, dr Annas Ahmad menyampaikan, Spinal 2 ini mengusung tema utama  yakni Refleksi 25 Tahun FK UMI, Ikhtiar Menuju Kompetisi Global. Dan Tema Ilmiah, yakni Penguatan Sistem Pelayanan Kesehatan yang Profesional dan Kompetitif dalam menghadapi persaingan global.

"Telah terbuka lebar  sebuah  kondisi pasar global  khususnya bagi  negara-negara  di kawasan Asia yang dikenal dengan sebutan Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dimana kondisi  ini akan menuntut perubahan regulasi kebijakan pemerintah. Terutama di bidang kesehatan, peningkatan profesionalisme yang berdaya saing tanpa meninggalkan kearifan lokal yang menjadi identitas bangsa  Indonesia," katanya.

Dia melanjutkan, sebuah keharusan bagi para dokter sebagai pelaku pasar di bidang kesehatan untuk  menghadapi kompetisi secara terbuka dengan para dokter asing. Baik pada aspek profesionalisme kompetensi maupun pada  aspek etika dan moral pelayanan. "Hal inilah yang mendorong kami menjadikan kondisi ini sebagai tema ilmiah," kata dr Annas 

"Menjawab tantangan kebutuhan globalisasi ini, kegiatan silaturrahmi dan pertemuan ilmiah nasional berkala yang menjadi ajang konsolidasi keilmuan maupun konsolidasi soliditas alumni. Agar terus berupaya meningkatkan profesionalisme kedokteran yang berdaya saing," ungkapnya.

"Diperkirakan, kurang lebih 1800 alumni kedokteran UMI yang sebaran pengabdiannya hampir di seluruh pelosok nusantara akan hadir pada kegiatan Spinal 2 ini. Dimana Momentum 25 tahun FK UMI pada tahun 2017 ini akan menjadi sebuah refleksi untuk berikhtiar menghadapi kompetisi global," pungkas dr Annas.

Tags