03 October 2017 22:46 WITA

UNM Launching Gerakan 500 Program Kreativitas Mahasiswa

Editor: Fathul Khair Akmal
UNM Launching Gerakan 500 Program Kreativitas Mahasiswa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar menggelar sosialisasi dan launching gerakan 500 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), di Aula Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Selasa (3/10/2017).

Rektor UNM Prof Husain Syam dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan launching 500 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memiliki dampak secara signifikan dalam meningkatkan judul PKM yang lolos dan berhasil mendapat dana dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Ditahun 2017 ini jumlah penelitian yang berhasil lolos tingkat Universitas Negeri Makassar sebanyak 33 judul dan penelitian ini berhasil menerima biaya penelitian dari Kemenristekdikti," ucapnya.

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sendiri telah dilakukan sejak 2016 lalu, sambung Mantan Dekan Fakultas Teknik ini, mengaku selain jumlah judul penelitian yang dikirim mengalami peningkatan, judul penelitian yang lolos juga meningkat. Ia pun berharap di tahun 2018, seluruh civitas tetal semangat seluruh utamanya pembantu rektor III selaku bagian kemahasiswaan agar target penelitian tahun 2018 bisa teracapai yakni 100 penelitian yang lolos.

"Untuk mencapai target ini sebanyak 100 penelitian yang lolos maka ada beberapa yang harus kami tempuh yakni terus meningkatkan workshop dan terus melakukan pembimbingan kepada seluruh mahasiswa agar target kami dapat tercapai yakni 100 penilitian yang lolos,"imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan pembimbingan tidak hanya bisa dilakukan oleh pihak tapi bimbingan ini juga bisa dilakukan oleh mahasiswa yang telah berhasil sebelumnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Bakhrani Rauf mengatakan gerakan 500 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun 2017 yang berhasil lolos yakni 33 judul tingkat Universitas, 20 diantaranya dari Fakultas Teknik termasuk 2 diantaranya berhasil lolos pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang ke 30 tahun 2017.

"Alhamdulillah dari 33 judul penelitian yang lolos tingkat Universitas Negeri Makassar 20 diantaranya berhasil berasal dari Fakultas Teknik termasuk dua diantaranya yang mewakili UNM pada PIMNAS baru-baru dilaksanakan dan ini merupakan suatu prestasi yang perlu diapresiasi," tukasnya.

Lebih lanjut Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ini menegaskan untuk meningkatkan lagi jumlah penelitian yang lolos setelah sosialisasi dan launching PKM 2018 Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar akan mengadakan sekolah PKM disamping ada pendampingan dan pembimbingan proposal.

"Selain mengadakan sekolah PKM disamping ada pendampingan dan pembimbingan proposal, juga penelitian yang telaj diajukan dan belum lolos akan ada perbaikan sehingga setelah diperbaiki dapat diajukan kembali," pungkasnya.

Ia juga mengaku mahasiswa yang memiliki judul terbaik akan mendapatkan door prize sebuah motor pada tahun 2018, dan kali ini Rektor Universitas Negeri Makassar telah menyerahkan door prize berupa motor terhadap mahasiswa memiliki PKM terbaik.

Tags