Senin, 02 Oktober 2017 16:55 WITA

UMI Gelar Pelatihan Keterampilan Teknik Instruksional

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
UMI Gelar Pelatihan Keterampilan Teknik Instruksional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Rektor V Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof Ma’ruf Hafidz, didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI, Prof Hambali Thalib, membuka Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti), di Aula LP2S Menara UMI, Senin (2/10/2017).

Dalam sambutannya, Prof Ma’ruf Hafidz mengatakan, pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme dosen sebagai tenaga pendidik. Tak hanya itu, pelatihan ini juga untuk memahami keterampilan dasar teknik instruksional, yang diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang lebih profesional.

"Perlu dipahami, bahwa sekarang ini mahasiswa sudah sangat kritis, sehingga perlu pendekatan dan keterampilan dalam mengajar dan pembimbingan, salah satunya melalui pelatihan pekerti ini," ujarnya.

UMI Gelar Pelatihan Keterampilan Teknik InstruksionalKualitas seorang dosen, lanjut Ma'ruf, sangat menentukan dalam proses belajar mengajar. Menurutnya, kadang ada dosen yang pintar dengan kualitas mengajar yang bagus, tetapi tidak memiliki teknik keterampilan dalam menghadapi mahasiswa, akhirnya kurang bisa mentransfer ilmunya. 

"Mudah-mudahan dengan kegiatan pelatihan pekerti ini, kualitas dosen semakin ditingkatkan dan lebih profersional dalam proses belajar mengajar," harapnya.

Sementara itu, Prof Hambali Thalib mengatakan, pelatihan pekerti ini merupakan syarat yang wajib bagi seorang dosen.

"Kegiatan ini bukan hanya sebagai syarat formal, tetapi diharapkan para dosen dan tenaga pembimbing klinik dapat mendapatkan informasi tentang keterampilan teknis, karena disadari bahwa banyak dosen, dengan keilmuan yang tidak diragukan, tetapi dalam teknis pengajaran masih perlu diperbaiki," paparnya.

Ia menambahkan, bukan hanya peningkatan kualitas dosen, tetapi juga menjadi salah satu indikator dalam penilaian akreditasi. Baik penilaian akreditasi program studi maupun institusi, bahkan penilaian akreditasi rumah sakit.