30 September 2017 15:30 WITA

BEM IAIN Palopo Gelar Dialog Perlindungan HAM

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BEM IAIN Palopo Gelar Dialog Perlindungan HAM

RAKYATKU.COM, PALOPO - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam negeri (IAIN) Palopo bekerja sama dengan Perhimpunan Wallacea menggelar dialog regional Perlindungan Hak Asasi Manusia, di Aula Kampus Iain Kota Palopo, Sabtu (30/9/2017).

Presiden BEM IAIN Palopo, Fikram Kasim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk respon terhadap banyaknya kasus HAM yang tidak terselesaikan di Indonesia, khususnya di Luwu Raya.

"Jadi, kegiatan ini sebagai respon melihat kondisi hari ini yang banyaknya kasus HAM yang tidak terselesaikan, semoga para narasumber bisa menghasilkan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut," ujarnya.

Disamping itu, Direktur Perhimpunan Wallace, Basri Andang Gatta mengajak seluruh elemen yang hadir untuk menyamakan perspektif untuk mengawal, mendampingi serta melindungi korban pelanggaran Hak Asasi manusia.

"Kegiatan ini untuk menyamakan perspektif kita tentang perlindungan ham dan tanggung jawab kita bersama, karena sudah ada pihak kepolisian, Kejari, aktivis lingkungan serta aktivis mahasiswa, sehingga kami harapkan bisa bersama-sama menyelesaikan kasus-kasus HAM di Luwu Raya ini," jelasnya.

Sementara Rektor IAIN Kota Palopo, Abdul Pirol mengatakan, sudah merupakan tanggung jawab perguruan tinggi negeri untuk ikut dalam memajukan bangsa.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang mengadakan kegiatan ini, peran perguruan tinggi sudah jelas bahwa telah ditugaskan untuk menempah sumber daya manusia untuk dapat memajukan bangsa kita," jelasnya.

Dalam kegiatan diskusi regional ini, menghadirkan beberapa narasumber yakni, Kapolres Kota Palopo, AKBP Taswin, Kabag Bidang Hukum dan Ham Pemda Luwu Utara, Komisioner LPSK Lili Pantuli, Ketua Pengadilan Negeri Malili, Khaerul serta Yayasan Perlindungan Insani Indonesia, Damairia Pakpahan.

Tags