25 September 2017 18:23 WITA

Kadisdik Sulsel Kirim 76 Guru Garis Depan ke Jeneponto

Editor: Fathul Khair Akmal
Kadisdik Sulsel Kirim 76 Guru Garis Depan ke Jeneponto

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo melepas 76 Guru Garis Depan (GGD), di kantor Disdik Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (25/9/2017). 

Guru garis depan itu, akan ditempatkan di Kabupaten Jeneponto. Program GGD merupakan satu di antara empat program pemerataan pendidikan yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengiriman GGD ke daerah 3T di Indonesia, merupakan salah satu upaya pemerataan distribusi guru. 

76 GGD dikirim ke Kabupaten Jeneponto karena  pemerintah pusat menilai, Jeneponto sabagai daerah tertinggal. Dari data yang ada, Jeneponto selalu menunjukkan tren penurunan berbagai hal, khususnya dalam dunia pendidikan. 

"Misalnya infrastruktur, kualitas guru (uji kompetensi) selalu rendah. Dan Jeneponto di pilih langsung oleh Kemendikbud untuk dikirim GGD ke sana," ujar None, sapaan akrab Irman Yasin Limpo. 

Karena dipilih langsung oleh Kemendikbud, maka Dinas Pendidikan Sulsel akan mengecek apakah penempatan sekolah mereka sudah betul terpencil, dan memang dibutuhkan guru GGD di daerah tersebut. Karena masih banyak daerah terpencil, seperti di Kepulauan Pangkep. 

Selain itu, None berpesan kepada seluruh guru yang akan mengabdi di daerah terpencil, untuk tetap menjaga integritas sebagai seorang guru yang akan mengayomi anak didiknya. 

"Yang paling penting itu integritas. Biar lagi punya ilmu pengetahuan, kalau tidak punya integritas, dia akan menjadi bahaya bagi masyarakat sekitarnya. Jadi yang paling penting untuk seorang guru adalah integritas," pungkas None.