20 September 2017 11:10 WITA

Menteri Pariwisata Hadiri Wisuda Poltekpar Makassar XVI    

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Menteri Pariwisata Hadiri Wisuda Poltekpar Makassar XVI    

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata Negeri Makassar menggelar prosesi Wisuda XVI untuk Program Diploma 3 Ahli Madya Pariwisata dan Program Pendidikan Diploma 4 Sarjana Terapan Pariwisata, di Golden Lily Hall A dan B, Hotel Four Point Makassar, Rabu (20/8/2017).

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, turut hadir dalam wisuda ini. Juga perwakilan Gubernur Sulsel, Senat Politeknik Pariwisata Negeri Makassar, serta para penggiat Pariwisata di Sulsel. 

Direktur Poltekpar Makassar, Muhadjir Suni dalam sambutannya mengatakan, Poltekpar Makassar merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Kepariwisataan yang berstatus negeri di Kawasan Timur Indonesia dan telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Ia menambahkan, proses pembelajaran harus diawali oleh visi dan misi, dan Tri Darma Perguruan Tinggi adalah salah satu visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Tri Dharma Perguruan Tinggi, kata Muhajir, terdiri dari tiga poin, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Serta Pengabdian kepada Masyarakat.

"Untuk mencapai visi tersebut Poltekpar Makassar memiliki misi yaitu menghasilkan SDM Pariwisata yang mempunyai daya saing internasional dan berkepribadian Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan presentase pembelajaran yang diberikan oleh Poltekpar Makassar. Yakni 30 persen teori dan 70 persen praktek.

"Dalam kerja nyata, sebagian besar akan membutuhkan skill yang mumpuni, namun teori tetap penting karena itu sebagai penunjang. Makanya, kita bagi lebih tekankan pada pemberian praktek. Jadi, pilihan bapak, ibu untuk menyekolahkan anaknya di Poltekpar merupakan pilihan yang sangat tepat," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Poltekpar Makassar telah mewisuda sebanyak 257 orang yang terdiri dari, Diploma 3 sebanyak 154 orang dan diploma 4 sebanyak 103 orang.

"Jagalah nama baik Almamater Poltekpar Makassar dan STP Nisa Dua Bali dengan berlaku profesional dimanapun kalian berada. Oleh karena itu apa yang kalian dapatkan 'profesionalisme' selama di kampus harus senantiasa di jaga dengan baik agar lulus ujian oleh Masyarakat atau Industri sehingga bisa bekerja di dunia kalian yang sebenarnya," harapnya.

Seperti yang diketahui acara wisuda ini merupakan penutupan dari Dies Natalis Poltekpar Makassar yang ke-26.