Selasa, 19 September 2017 05:31 WITA

Mengenal Dr Yusriani, Dosen Promosi Kesehatan FKM UMI

Editor: Adil Patawai Anar
Mengenal Dr Yusriani, Dosen Promosi Kesehatan FKM UMI
Dr. Yusriani, SKM., M.Kes.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Dr. Yusriani, SKM., M.Kes, salah satu dosen peneliti yang dimiliki Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI). Dr Yusriani mengajarkan beberapa mata kuliah, salah satunya promosi kesehatan.

“Mata kuliah promosi kesehatan mempelajari tentang bagaimana cara meningkatkan atau melakukan upaya kesehatan, baik itu secara lisan maupun secara tulisan,” ujarnya, Senin (18/9/2017).

Perempuan kelahiran Makassar, 16 Oktober 1983 ini menjelaskan, saat ini dirinya terus melatih mahasiswanya untuk mulai menulis tips dan artikel mengenai kesehatan sejak dini.

“Kemarin mahasiswa dilatih untuk menulis tips atau artikel kesehatan, sehingga mereka bisa mempromosikan kesehatan melalui media,” ujar pengurus Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ini.

Alumni S3 Universitas Hasanuddin ini mengatakan, mata kuliah promosi kesehatan sangat penting bagi mahasiswa FKM, khususnya jurusan kesehatan masyarakat.

“Sarjana kesehatan masyarakat tujuannya preventif atau melakukan pencegahan. Jadi, dengan promosi ini mengupayakan orang banyak agar tidak sakit. Bagaimana mengupayakan masyarakat yang cacat bisa sembuh dan hidup normal,” jelasnya.

Bagi mahasiswa, promosi kesehatan bisa dijadikan sebagai landasan ketika nanti mau turun lapangan. Karena akan ada PBL (pengalaman belajar lapangan), dimana mahasiswa bisa berbagi informasi ke masyarakat umum.

Jadi, jelas perempuan yang hobi membaca, menulis dan meneliti ini, sebelum mahasiswa melaksanakan PBL, mereka belajar promosi kesehatan terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan, lanjut Yusriani, agar mahasiswa FKM memiliki pengetahuan yang luas, seperti apa itu konsep promosi. Keterampilan atau skill yang dimiliki untuk melakukan upaya promosi semakin kompeten atau nampak.

“Jangan malu untuk terus belajar. Khususnya untuk kemampuan berbicara di depan umum. Karena promosi kesehatan, modal utamanya adalah berbicara, termasuk berbicara di depan publik atau public speaking,” ungkapnya.

BIODATA

Nama lengkap: Dr. Yusriani, SKM., M.Kes

Tempat, tanggal lahir: Makassar, 16 Oktober 1983

Alamat: Jl. Rappokalling Raya Lr. Kita 1 no.14

Status: menikah

Hobi: Membaca, Menulis dan Meneliti

Riwayat pendidikan: S1 FKM UMI, S2 UNHAS, S3 UNHAS

Riwayat organisasi: Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia, FORKAMI DDI

Tags