Sabtu, 16 September 2017 03:00 WITA

Dosen FKM UMI Jelaskan Soal Pentingnya Sanitasi

Editor: Almaliki
Dosen FKM UMI Jelaskan Soal Pentingnya Sanitasi
Alfina Baharuddin SKM., M.Kes

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Alfina Baharuddin SKM., M.Kes, salah satu dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang banyak membahas soal kesehatan lingkungan, termasuk sanitasi di tempat umum.

Perempuan kelahiran Bulukumba 20 Maret 1984 ini juga mengajarkan soal dasar kesehatan lingkungan kepada mahasiswa dan masyarakat.

Kata dia, masalah kesehatan khususnya lingkungan, sangat kompleks. Semua saling berkaitan. Baik masalah kesehatan dari luar, mau pun masyarakat.

Sehingga, kata alumni S-1 Kesehatan Masyarakat FKM UMI ini, kesehatan masyarakat tidak hanya dilihat dari segi kesehatannya sendiri, tetapi menyeluruh yang ada pengaruhnya terhadap masalah sehat dan sakit.

“Sanitasi sangat erat kaitannya dengan kesehatan lingkungan. Salah satu komponen yakni perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup bersih, yakni mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya,” ujarnya saat ditemui di kampus, Urip Sumoharjo, Jumat (15-9-2017).

Mahasiswa Kesehatan S-3 Unhas ini menjelaskan, dengan mendorong pemenuhan kesehatan lingkungan, termasuk tempat umum, dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia secara umum.

Sejak menjadi dosen di FKM UMI Februari 2013 lalu, perempuan yang akrab disapa Fina mengatakan, dirinya saat ini masih sibuk dengan kegiatan perkuliahan di Pascasaraja Unhas untuk menyelesaikan pendidikan S-3. Namun, tugas sebagai dosen tetap dilaksanakan.

Untuk itu, tambah Fina, saat memberikan materi kepada mahasiswa, dirinya selalu menyampaikan kesehatan lingkungan di Indonesia yang masih memprihatinkan.

“Belum optimalnya soal sanitasi, hal ini ditandai dengan masih tingginya angka kejadian penyakit infeksi dan penyakit menular di masyarakat,” ujarnya.

Anak dari pasangan Drs. Baharuddin dan Hasdah SE menjelaskan, hingga saat ini negara masih direpotkan dengan kasus demam berdarah, diare, kusta, serta hepatitis A yang seakan tidak ada habisnya.

“Intinya, sanitasi dan kesehatan lingkungan tempat umum sangat penting. Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, maupun individu. Hal ini menentukan kesehatan hidup manusia,” paparnya.

Menurutnya, kesehatan lingkungan juga dipengaruhi oleh kualitas air. “Air bersih banyak hubungannya dengan sampah. Pengelolaannya yang setiap hari diproduksi masyarakat, serta pembuangan air limbah yang langsung dialirkan pada saluran sungai. Hal tersebut menyebabkan pendangkalan saluran atau sungai,” imbuhnya.

Pada saat musim penghujan nanti, tambah Fina, beberapa daerah di Sulsel, termasuk Makassar, selalu terjadi banjir dan menimbulkan penyakit.

“Beberapa penyakit yang ditimbulkan sanitasi yang kurang baik serta pembuangan sampah dan air limbah yang kurang baik yakni diare, demam berdarah, disentri, hepatitis A, kolera hingga tiphus, cacingan, dan malaria,” jelasnya.

BIODATA.

Nama: Alfina Baharuddin SKM,.M,Kes

Tempat tanggal lahir: Bulukumba 20 Maret 1984

Alamat: Griya Ranggong Sakina Blok A/12 Makassar

Agama: Islam

Status: Menikah

Nama orang tua

Ayah: Drs. Baharuddin

Ibu: Hasdah SE

Riwayat pendidikan
* SDN 2 Terang-terang
* SLTP Negeri 2 Bulukumba
* SMAN 1 Bulukumba

* S1 Kesehatan Lingkungan FKM UMI 
* S2 Kesehatan Lingkungan Unhas
* Mahasiswa Kesehatan S3 Unhas

Tags