Kamis, 14 September 2017 13:43 WITA

Kemlu Gelar Diskusi Diplomasi Ekonomi di FEB Unhas 

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Kemlu Gelar Diskusi Diplomasi Ekonomi di FEB Unhas 
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar diskusi terbuka di Aula Lantai 2 FEB, Kamis (14/9/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar diskusi terbuka di Aula Lantai 2 FEB, Kamis (14/9/2017). 

Kegiatan yang bertajuk "Forum Diskusi Diplomasi Indonesia Dengan Para Pemangku Kepentingan" ini menghadirkan beberapa narasumber dari Kemlu. Yakni Busron Sodikin (Kepala Sub Bagian Program Antar Kementerian dan Lembaga), Marlisa Wahyuningsih Soepeno (Kepala Sub Bagian Monitoring Arahan Presiden dan Pimpinan).

Sebagai peserta, puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unhas. Diskusi berjalan menarik karena membahas tentang kebijakan luar negeri dan capaian diplomasi ekonomi Indonesia yang djalankan oleh Kementerian Luar Negeri.

Menurut Marlisa, ada empat kebijakan luar negeri Indonesia. "Pilar Politik Luar Negeri kita sekarang ada empat, kedaulatan NKRI, melindungi WNI, diplomasi ekonomi dan peran internasional," ungkap alumni Manajemen FEB Unhas ini.

Salah satu peserta, Ashri Sallatu menjelaskan bahwa Kemlu perlu merancang assesment tools. Nantinya, bisa digunakan untuk menilai setiap negara yang potensial untuk diajak kerja sama. 

"Sehingga perwakilan diplomatik Indonesia yang di luar negeri bisa menjalin kerja sama yang jelas dan kuat untuk kepentingan nasional Indonesia. "Assesment tools itu saya pikir bisa dijalankan oleh Kemlu," kata dosen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unhas ini.

Diskusi ditutup dengan saling membagikan cenderamata antar perwakilan Kemlu dan FEB Unhas.