11 September 2017 16:45 WITA

FK UMI Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Editor: Fathul Khair Akmal
FK UMI Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Kedokteran (FK)  Universitas Muslim Indonesia (UMI), menggelar pelatihan bantuan hidup dasar untuk awam.

Pelaksanaan pelatihan ini, tidak lepas dari Tridharma perguruan tinggi. Salah satu aspek utama, adalah pengabdian terhadap masyarakat. Hal inilah yang mendasari FK UMI menyelenggarakan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar yang dipromotori oleh dr Edward Pandu Wiriansya, dr Dwi Anggita, dan dr Nesyana Nurmadilla.

Edward Pandu Wiriansya mengatakan, dalam penyelenggaraan acara ini juga melibatkan dosen, mahasiswa, dan alumni. FK UMI sebagai pelaksana acara. Sasaran peserta kegiatan ini adalah dosen, karyawan dan juga mahasiswa dari berbagai fakultas dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia, yang bukan berasal dari kedokteran. 

"Peserta pelatihan mendapatkan materi mengenai pengenalan tentang bantuan hidup dasar serta cara penanganan orang luka, tersedak dan pingsan. Selain itu, peserta juga dilatih khusus oleh dokter bagaimana menangani pasien dalam situasi darurat," katanya.

Dia melanjutkan, tujuan dari diadakannya acara ini selain sebagai pengabdian juga diharapkan agar masyarakat sekitar terkhususnya dalam lingkup UMI mampu memberikan penanganan awal pada kasus-kasus gawat darurat.