29 August 2017 10:15 WITA

Tim PKM Farmasi UMI Juara Favorit Poster di PIMNAS ke-30

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tim PKM Farmasi UMI Juara Favorit Poster di PIMNAS ke-30

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tim PKM Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia meraih Juara Favorit Poster pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang dihelat pada tanggal 23 hingga 28 Agustus di Kampus II UMI.

Kegiatan PIMNAS yang dihadiri 1800-an peserta itu, memperlombakan 6 skim penelitian yang terdiri dari 21 kelas. Sedangkan untuk Tim PKM Farmasi UMI itu terdiri dari tiga perempuan berhijab Dina Adriyanti, Arin Rizki Thalib, dan Nurul Hasanah. 

"Dari 21 kelas tersebut, Tim Farmasi UMI meraih juara favorit untuk poster pada skim PKM-PE," kata Dekan Farmasi UMI , Rachmat Kosman, Selasa (29/8/2017).

Tim yang terdiri dari tiga anggota ini, mengangkat Judul Formulasi dan Uji Stabilitas Fisik Sediaan Gel Ekstrak Bawang Merah (Allium ascalonium) Sebagai Antipiretik atau Obat Demam.

Pembimbing tim, Iskandar Zulkarnain Mahmud Abdulah mengatakan, paracetamol merupakan obat pilihan pertama untuk kasus demam pada anak yang diberikan secara oral. Akan tetapi, pada penggunaan yang cukup lama akan mengakibatkan toksisitas pada hati dan ini sangat berbahaya terutama pada masa pertumbuhan. 

Alternatif  dipilih untuk menghindari efek samping, lanjut Abdulah, yaitu dengan pemberian bawang merah yang dibalurkan ketubuh terbukti secara empiris mampu menurunkan suhu tubuh .

"Aan tetapi cara ini masih menimbulkan kemerahan pada kulit. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah iritasi ini, bawang merah diformutasikan menjadi sediaan gel yang aman dan stabil," ungkap Abdulah.