Kamis, 03 Agustus 2017 17:54 WITA

Siap-siap, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Wajib Dinyanyikan saat Upacara

Editor: Andi Chaerul Fadli
Siap-siap, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Wajib Dinyanyikan saat Upacara
int

RAKYATKU.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendi akan mewajibkan setiap sekolah menyanyikan lagu "Indonesia Raya" tiga stanza. Penetapan itu akan disertai surat edaran ke sekolah-sekolah.

"Kalau di upacara resmi, menyanyikan lagu Indonesia Raya bisa berupa satu stanza. Tapi khusus untuk sekolah, harus menyanyikan tiga stanza," kata dia, dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Kamis (3/8/2017).

Saat pembiasaan lagu kebangsaan tersebut, Muhadjir mengingatkan guru untuk memupuk jiwa kepemimpinan siswa. “Setiap anak harus memiliki jiwa kepemimpinan, paling tidak menjadi pemimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di sekolah dan kelas. Itu (pemimpin lagu) harus digilir antar siswa,” jelasnya.

Menurutnya, Indonesia Raya versi lengkap ini terbilang penting. Agar para siswa mengenal bahwa lagu kebangsaan bukan hanya sekadar satu bait, bahkan memiliki tiga bait atau stanza. 

Lagu itu, lanjut Muhadjir, haruslah diartikan secara keseluruhan, karena satu pengertian utuh tidak dapat ditinggalkan.

Sebagai informasi, Menteri Muhadjir telah menghimbau untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya versi lengkap mulai ajaran baru, telah digaungkan sejak beberapa waktu lalu.