Selasa, 18 Juli 2017 17:09 WITA

Pelajar SMA dan SMK di Luwu Timur Gratis Tes Narkoba

Editor: Mulyadi Abdillah
Pelajar SMA dan SMK di Luwu Timur Gratis Tes Narkoba
Foto: IST

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - Meski tingkat pendidikan SMA dan SMK berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur tetap menunjukkan kepeduliannya terhadap berbagai polemik yang terjadi.

Salah satu yang persoalan yang mencuat saat ini adalah masalah surat keterangan bebas narkoba. Diketahui, untuk mendapatkan surat keterangan tersebut harus dikenakan sejumlah biaya. Inilah yang mendasari Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bersama Polres Luwu Timur dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) menggratiskan biaya tes narkoba. 

"Keluhan masyarakat terutama orangtua siswa akan bervariasinya biaya tes narkoba menjadi salah satu alasan pemerintah daerah bersama Polres Luwu Timur dan BNK untuk menggratiskan biaya tes narkoba ini. Apalagi surat keterangan bebas narkoba ini memang menjadi salah satu syarat bagi pelajar yang baru terdaftar di SMA dan SMK," kata Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler saat membuka kegiatan tes narkoba yang berlangsung di SMAN 1 Luwu Timur, Selasa (18/07/2017).

Pelajar SMA dan SMK di Luwu Timur Gratis Tes Narkoba

Menurut Husler, tes narkoba bagi pelajar ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah menyikapi berbagai polemik dimasyarakat. Selain untuk meringankan beban masyarakat, juga untuk mendorong agar generasi muda Luwu Timur terbebas dari zat terlarang itu.

Lebih jauh Husler mengatakan, narkoba merupakan ancaman global yang harus diwaspadai. Apalagi, Indonesia merupakan daerah yang sangat kaya akan sumber daya alam dan hal ini menjadi incaran bagi seluruh negara lainnya di dunia. Salah satunya dengan melemahkan generasi muda lewat narkoba. "Makanya narkoba ini harus kita perangi bersama" tandas Husler.

Sementara Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam yang juga ketua BNK Luwu Timur mengatakan, pelaksanaan tes narkoba ini akan berlangsung selama 5 hari kedepan dengan mengunjungi sekolah masing-masing secara bergantian.

"Tes narkoba ini akan diikuti sebanyak 4.726 siswa yang baru lulus tes tertulis di 14 SMA dan SMK se Kabupaten Luwu Timur," katanya.

Irwan juga mengklaim bahwa pelaksanan tes narkoba secara gratis ini hanya satu-satunya di Sulawesi Selatan. (Humas Pemkab Lutim)