17 July 2017 05:30 WITA

Tips Untuk Orang Tua di Hari Pertama Anak Sekolah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Untuk Orang Tua di Hari Pertama Anak Sekolah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai. Menghadapi hari pertama masuk sekolah, terkadang membuat beberapa anak merasa takut. Bahkan, tak sedikit anak yang akan bersikap rewel saat hendak diantar ke sekolah.

Psikolog Perkembangan, Eva Meizara Puspita Dewi mengatakan, anak yang baru memasuki masa sekolah, sebaiknya didampingi oleh orang tua/wali. Karena, anak yang baru memulai memasuki masa sekolah membutuhkan penyesuaian terhadap lingkungannya.

"Anak yang baru masuk masa sekolah membutuhkan pendampingan saat mulai memasuki lingkungan baru. Waktunya beragam, bisa lebih dari seminggu. Namun untuk usia TK mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, karena mereka membutuhkan waktu adaptasi yang lebih besar," kata, Puspita Dewi, Senin (17/7/2017).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, apabila siswa/siswi sudah kelas tiga, empat SD hingga SMP, namun masih ditunggui oleh orang tua/wali, berarti terdapat masalah sosial pada anak tersebut.

"Semakin tinggi usia, maka penyesuaian dirinya terhadap lingkungan harus semakin cepat, karena sudah berpengalaman dengan lingkungan yang baru," jelas Eva, sapaan akrabnya.

Dosen yang mengajar di Universitas Negeri Makassar (UNM) ini kemudian mengimbau kepada seluruh orang tua/wali, agar hari pertama sekolah itu baiknya dilakukan pengenalan dengan lingkungan sekolah.

"Contohnya, mengajak anak berkeliling, mengenalkan tempat seperti perpustakaan, WC, UKS, Musholah, dan tempat lainnya yang berada dilingkungan sekolah. Jika guru tidak sempat melakukan hal seperti itu, maka orang tua/wali yang berperan dalam hal itu," jelasnya.

Eva kemudian memberikan beberapa tips untuk para orang tua/wali, untuk membuat anak tidak merasa takut dan enggan untuk pergi ke sekolah.

"Sehari sebelum masuk sekolah, ada baiknya orang tua/wali menyiapkan mental dan memberikan motivasi kepada sang anak, serta membawa beberapa peralatan sekolah yang anak senangi, seperti tempat pensil, tas, agar anak semangat masuk sekolah," pungkasnya