Sabtu, 15 Juli 2017 15:49 WITA

FK UMI Gelar Seminar Ilmiah Resusitasi Cairan dan Nyeri

Editor: Fathul Khair Akmal
FK UMI Gelar Seminar Ilmiah Resusitasi Cairan dan Nyeri

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indoensia (UMI), kembali menggelar seminar ilmiah, Sabtu (15/7/2017).

Seminar ini, merupakan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) Mahasiswa Program profesi dokter (MPPD). Kegiatan yang rutin digelar setiap pekan di hari Sabtu ini, mengangkat tema dari bagian Ilmu Anastesi, yaitu Resusitasi Cairan dan Nyeri. 

Pada sesi pertama, dr Faisal Sommeng SpAn tampil menjadi pemateri dengan tema Resusitasi Cairan. Sedangkan sesi kedua, dibawakan dr Fendy SpAn dengan tema Manajemen Nyeri. 

Penanggung jawab seminar, dr Abdi Dwiyanto mengatakan, materi ini sengaja dibawakan karena banyaknya kasus tersebut di UGD.

FK UMI Gelar Seminar Ilmiah Resusitasi Cairan dan NyeriSeminar rutin ini diikuti oleh sekitar 200-an orang dokter muda (coass) Fakultas Kedokteran UMI. Dari tempat tugas di rumah sakit masing-masing, lalu mereka semua berkumpul setiap Sabtu di Fakultas Kedokteran UMI guna mengikuti seminar tersebut.

Menurut Ketua CEU FK UMI, dr Shofiya Latief M Kes SpRad, seminar ini wajib dihadiri oleh semua coass dengan sistem absensi finger print.

" Seminar ini, berguna untuk mereka pada saat ujian kompetensi dokter nantinya, dimana materi-materi yang disajikan pada seminar adalah merupakan kompetensi dokter umum yang sering diujikan pada soal-soal ujian kompetensi dokter," lanjutnya.