14 July 2017 21:59 WITA

Disdik Siapakan Bantuan Rp 170 Miliar Untuk Sekolah Swasta Se Sulsel 

Editor: Andi Chaerul Fadli
Disdik Siapakan Bantuan Rp 170 Miliar Untuk Sekolah Swasta Se Sulsel 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel tahun ini akan memberikan bantuan kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Sulsel sebesar Rp170 miliar. 

Kepala Bidang Pendidikan Kejuruan Disdik Sulsel, Muh Ruslim mengatakan, sekolah swasta harus memperbaiki fasilitasnya. Agar masyarakat dapat tertarik menyekolahkan anak di swasta dan tidak bergantung di sekolah negeri. 

"Swasta harus secara bertahap memperbaiki fasilitasnya. Karena kalau hanya menampung siswa tapi tidak meningkatkan fasilitasnya itu sama halnya membuat pamor swasta tidak setara dengan negeri," ujar Muh Ruslim. 

Dengan begitu, katanya, pemerintah dalam hal ini Disdik tetap memberikan motivasi, dorongan dan bantuan kepada sekolah swasta di Sulsel untuk meningkatkan fasilitas dan kualitasnya agar setara dengan sekolah negeri. 

"Makanya sekarang ini kami sedang merancang untuk memberikan bantuan dalam bentuk DAK sebanyak Rp170 miliar. Tahun ini kami akan mulai menyalurkan bantuan tersebut kepada sejumlah sekolah swasta," ungkapnya. 

Ruslim menambahkan, fasilitas sarana prasarana yang akan ditingkatkan sekolah swasta seperti ruang belajar, gedung dan sejumlah fasilitas yang terdapat di sekolah swasta yang perlu di benahi. 

"Selain itu, tenaga pengajarnya juga harus tenaga pengajar yang berkualitas, tidak hanya sekedar mampu mengajar tapi tidak mampu mengajar anak murid dengan baik," jelas dia.