14 July 2017 10:40 WITA

Disdik Makassar Larang Sekolah Libatkan Senior Saat Pengenalan Sekolah

Editor: Fathul Khair Akmal
Disdik Makassar Larang Sekolah Libatkan Senior Saat Pengenalan Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Ismunandar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Ismunandar menegaskan, penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tidak boleh melibatkan senior, ataupun alumnus sebagai penyelenggara kegiatan di lingkungan sekolah. Panitia PLH adalah guru-guru pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

"Pelaksanaan PLS harus ditangani oleh guru. Kalaupun ingin mengikutsertakan senior, maka kapasitas senior itu bukan merupakan bagian dari kepanitiaan. Tapi hanya sebagai pendamping atau pengarah untuk adik-adiknya (siswa baru) untuk memperlihatkan keadaan sekolah," jelas Ismunandar kepada Rakyatku.com, Jumat (14/7/2017).

Penyelenggaraan PLS kata dia, harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2016. Dijelaskan, PLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah, yang mencakup pengenalan sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan kultur awal sekolah.

Ismunandar menambahkan, kegiatan yang dilakukan selama PLS harus bersifat edukatif. Kepala sekolah bertanggungjawab penuh terhadap pelaksanaan kegiatan yang akan dimulai pada 17 Juli 2017 tersebut.

"Sehingga apabila terdapat kegiatan yang bersifat perploncoan atau kekerasan. Maka akan menjadi tanggungjawab kepala sekolah, serta guru-guru di sekolah itu," pungkasnya.

Tags
pls