Kamis, 13 Juli 2017 12:13 WITA

"PPDB di Tangan None Lebih Objektif!"

Editor: Almaliki
Adi Suryadi Culla

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA dan SMK sederajat untuk Tahun Ajaran (TA) 2017, dinilai berlangsung objektif dan bebas dari intervensi.

Sebab, PPDB menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi dengan program e-Panrita milik Dinas Pendidikan Sulsel.

"Jadi kalau ada yang protes dan lain sebagainya atas proses PPDB tingkat SMA dan SMK ini, maka itu saya yakin karena kekecewaan saja. Karena sistem yang jalan bukan suka tidak suka. Kalau sistem tolak karena standar yang ditetapkan tidak akan bisa lolos," ujar Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Dr. Adi Suryadi Culla, Kamis (13/7/2017).

Dia mengatakan, bukan hanya jalur akademik yang menggunakan sistem, tapi non akademik juga. Jadi apa yang dirisaukan oleh warga, kata Adi, tak perlu terjadi. "Yang lulus itu memang karena kemampuan anaknya yang bisa lulus di sekolah yang bersangkutan. Bukan karena kolusi dan nepotisme," tegasnya.

Secara umum, lanjutnya, proses PPDB 2017 tingkat SMA di Sulsel di bawah komando Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo alias None.

Sekadar diketahui, None berkomitmen sejak awal menduduki jabatan Kadisdik Sulsel untuk melaksanakan PPDB dengan objektif. Makanya, dengan sistem komputerisasi menjadi solusi penerimaan PPDB dengan objektif, tanpa ada intervensi pihak manapun.