Senin, 03 Juli 2017 10:25 WITA

Ingin Kuliah tapi Sibuk Kerja, Universitas Terbuka Majene Menanti Anda

Editor: Adil Patawai Anar
Ingin Kuliah tapi Sibuk Kerja, Universitas Terbuka Majene Menanti Anda
Kepala UPBJJ UT Majene, Arifin Tahir.

RAKYATKU.COM, MAJENE - Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene Sulawesi Barat, membuka pendidikan tinggi yang layak bagi masyarakat. Kepala UPBJJ-UT Majene, Arifin Tahir mengatakan, UT memiliki keunggulan tersendiri. UT memberi kesempatan belajar kepada masyarakat, pegawai dan guru yang tidak dapat meninggalkan tempat dan tugas.

"Salah satu keunggulan itu adalah adanya bantuan belajar dengan fasilitas tutorial online dan ujian online. Dengan demikian, dalam kegiatan tutorial mahasiswa mendapat bantuan belajar dari tutor online (tuton)," ujar Arifin kepada Rakyatku.com, Senin (3/7/2017).

Arifin menjelaskan, adapun tugas dari tutorial online yaitu memberikan materi tutorial dan tugas secara online dengan jeda waktu tertentu, sesuai dengan jadwal. Oleh sebab itu, mahasiswa juga wajib mengetahui  jadwal tutorial dan ujian akhir semester masing-masing.

Syarat utama untuk keberhasilan dalam mengikuti pendidikan di UT yakni kemandirian. Belajar mandiri dapat dilakukan karena UT menyediakan fasilitas bantuan belajar berupa modul untuk dipelajari secara mandiri.  Mahasiswa juga diharuskan membagi waktu secara akurat.

"UT sudah melengkapi batuan belajar setiap program studi. Contoh bantuan belajar adalah modul. Kalau modul dipelajari dengan baik dan mengikuti tutorial baik secara online maupun tutorial tatap muka, sesuai dengan jadwal tutorial secara aktif dan mahasiswa mampu menerapkan belajar mandiri. Dengan demikian, maka kelulusan mahasiswa peluangnya besar," ungkapnya.

"Selain itu, UT  juga menghadirkan bantuan belajar  (perpustakaan digital, tutorial online, tatap muka, radio, televisi, audio video), dan berbagai bantuan belajar lain yang dapat menunjang keberhasilan mahasiswa menyelesaikan program studinya tepat waktu," tambah Arifin.