Sabtu, 01 Juli 2017 11:05 WITA

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Buka Hingga 31 Juli

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Buka Hingga 31 Juli

RAKYATKU.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menghadirkan variasi beasiswa. Diantaranya Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk tahun 2017.

Beasiswa ini ditujukan bagi siswa/mahasiswa berprestasi, guru berprestasi, peraih medali olimpiade internasional, juara tingkat nasional atau internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olahraga, pegawai/karyawan berprestasi yang mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasan, seniman, serta pegiat sosial.

Beasiswa ini dapat diikuti oleh program gelar S1, S2, dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi juga menyediakan beasiswa non-degree. Beasiswa non gelar ini diperuntukkan bagi guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, penggiat budaya, seniman dan pegiat sosial kecuali dosen untuk mengikuti program residensi, menjadi pembicara dalam workshop atau konferensi, utamanya bidang pendidikan dan kebudayaan.

Program Beasiswa ini juga dapat diikuti oleh pelamar dari kalangan mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan (on going). Beasiswa yang diberikan untuk program gelar S1, S2, dan S3 dapat berupa biaya pendidikan (tuition fee), biaya hidup, dan biaya buku. 

Pelamar yang berminat mengajukan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk jenjang S1, S2, dan S3 dapat mendaftar secara online, di situs resmi Kemdikbud, di laman: buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Saat ini pendaftaran memasuki batch 2, yang dibuka sejak 1 Juni lalu hingga 31 Juli 2017 mendatang. Seleksi administrasi dan wawancara akan dilakukan pada 1 Agustus - 31 Agustus 2017. Selanjutnya pengumuman hasil seleksi disampaikan pada 1 September 2017 melalui akun masing-masing.

Sementara, pendaftaran Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi program Non-Degree dapat mengajukannya secara offline dengan mengirimkan langsung dokumen aplikasi yang diminta ke Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk informasi lengkap terkait syarat dan dokumen pendaftaran dapat dilihat pada laman www.beasiswapascasarjana.com.