19 May 2017 22:00 WITA

Dosen STIKes Mega Rezky Juara Satu Lomba Presentasi Poster Ilmiah

Editor: Adil Patawai Anar
Dosen STIKes Mega Rezky Juara Satu Lomba Presentasi Poster Ilmiah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  STIKes Mega Rezky boleh berbangga karena baru-baru ini meraih prestasi akademik yang luar biasa. Ketua program Studi DIII Analis Kesehatan, Sulfiani mengatakan, dosen Analis Kesehatan Mutmainnah Abbas (prodi DIII Analis Kesehatan) telah berhasil menyabet juara, dalam lomba karya ilmiah dan presentasi poster, Jumat (19/5/2017).

Melalui prestasi Mutmainnah, kali ini STIKes Mega Rezky membuktikan eksistensi dan keseriusannya dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Mutmainnah berhasil meraih juara 1 atau presentasi poster terbaik dalam ajang Annual Meeting Forum Kedokteran Islam 2017  pada seleksi Jurnal bertajuk The Role of Medical Studies In Overcoming Health Problem In Indonesia, Jumat-Minggu (5-7/5/2017) di Hotel Golden Palace Mataram.  

Berkat karya ilmiah berjudul “Potensi Individu dengan Riwayat Keluarga Hipertensi Terhadap Polimorfisme Gen Angiotensin II Type 1 Receptor (AGTR1) dan Gen Angiotensin Converting Enzyme (ACE)”, Iin sapaan akrab Mutmainnah, berhasil menyisihkan 21 peserta dari berbagai universitas. 

Seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Mataram, Universitas Hang Tuah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Malang dan beberapa universitas lain dari daerah Jawa dan Bali.

Iin mengatakan, selama mengikuti lomba, kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar Mataram ini juga dirangkaikan dengan seminar kesehatan tentang Hipertensi dan Workshop Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes).

“Syukur Alhamdulillah, terima kasih kepada bapak dan ibu pimpinan serta rekan-rekan sejawat. Semoga kita selalu bisa berkarya dan membawa nama baik kampus baik tingkat nasional maupun internasional, Aamiin,” kata Iin.


Selain Iin, Analis Kesehatan juga telah meraih prestasi berkat kegigihan salah satu dosen program studi DIV Analis Kesehatan, Theosobia Grace Orno. Tesa, sapaan akrab  Theosobia, telah menyabet penghargaan presentasi poster terbaik dalam lomba karya ilmiah, dan poster dalam rangka Munas VIII persatuan ahli teknologi laboratorium medik Indonesia (Patelki) & temu Ilmiah XX Patelki, Senin-Jumat (15-19/5/2017), oleh Dewan Pimpinan Pusat Patelki di Dyandra Convention Center, Jl Basuki Rahmad-Surabaya.


Tesa berhasil meraih penghargaan tersebut, berkat karya ilmiahnya yang berjudul "Uji Korelasi Onset DM dengan kadar Plasminogen Activator Inhibitor-1 pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Terkontrol dan Tidak Terkontrol". 

Alumnus Universitas Hasanuddin ini termotivasi mengikuti ajang seperti ini, karena menyadari ahli teknologi laboratorium medik atau yang dulu disebut Analis kesehatan kurang terpacu meneliti.

“Mereka lebih banyak mengerjakan pekerjaan rutin di laboratorium saja. Padahal data pemeriksaan yang terkumpul di laboratorium itu banyak sekali, jika diolah dengan baik dapat menghasilkan jurnal-jurnal yang bereputasi,” ucap Sekertaris Prodi DIII Analis Kesehatan STIKes Mega Rezky ini.