Senin, 16 Mei 2016 19:31 WITA

Ini Upaya Stikes Pelamonia Menjadi Kampus Kesehatan Terbaik di Makassar

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Wiwi Amaluddin
Petinggi Stikes Pelamonia Saat diwawancarai Rakyatku.com, Senin (16/5/2016)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana menawarkan pendidikan bermutu dengan kedisiplinan tinggi terakreditasi BAN-PT. Ini dilakukan sejak penerimaan mahasiswa baru yang dimulai 2015 kemarin. 

Meski sangat baru, keunggulan dan kualitas Stikes Pelamonia ini tak perlu diragukan. Apalagi kampus ini telah mendapat pengakuan yang tercantum dalam SK Mendikbud Nomor 400/E/C/2014.

Wakil Ketua Dua Bidang Administrasi dan Keuangan, Agung Kurniawan mengaku, Stikes Pelamonia memang stikes baru. Namun, bisa dibandingkan dengan kampus yang menjalankan sistem pendidikan di bidang serupa.

"Stikes Plamonia memililiki keunggulan kompetitif dibandingkan kampus lain yang ada di Makassar,"kata Agung, kepada Rakyatku.com, Senin (16/5/2016).

Tak hanya itu, lanjutnya, alumni stikes plamonia dijamin tak akan kesulitan ketika bekerja. Para alumni memiliki peluang kerja luas semisal kerja di rumah sakit pemerintah atau swasta, juga dapat bekerja di puskesmas serta membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Agung menambahkan, ada dua program studi (prodi) yang ditawarkan Stikes Plamonia yakni D-3 Farmasi dan S-1 Administrasi Rumah Sakit.

"Di Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat hanya ada dua yang memiliki prodi administrasi rumah sakit, yaitu Stikes Pelamonia dan Stikes Mega Rezky. Tapi diantara kami berdua, Stikes Pelamonia merupakan kampus kesehatan pertama yang memiliki prodi S-1 Administrasi Rumah Sakit,"ucapnya. 

Hal lain dari Stikes ini, kata Agung yakni dari sistem organisasi yang diterapkan. Sistem tersebut disesuaikan dengan pola TNI Angkatan Darat, khususnya Kesdam VII Wirabuana yang merupakan bagian utama dari Stikes Pelamonia di kota Makassar.

Loading...

Kedisiplinan dan sejumlah kepribadian yang diterapkan untuk TNI, juga berlaku bagi mahasiswa Plamonia. Ini, kata Agung menjadi keunggulan Stikes Plamonia. Semisal, masalah kedisplinan, kerapian, serta kebersihan.

"Saya kira ini semua adalah keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki institusi lain,"ucap Agung.

Agung membeberkan, setiap pagi mahasiswa Stikes yang terletak di Jalan Garuda nomor 3-AD ini wajib melaksanakan apel pagi di halaman parkir kampus. Ini dilakukan agar mahasiswa tidak malas dan bisa tepat waktu.

"Kami ingin memberikan perhatian lebih kepada mahasiswa. Apabila ada mahasiswa yang tidak hadir atau malas, maka bidang kemahasiswaan akan mencari tahu penyebabnya. Kemahasiswaan kemudian memberikan pengarahan pada anak didiknya agar kembali melaksanakan tugas utamanya, yaitu belajar untuk menyelesaikan studinya tepat waktu,"terang Ketua Stikes Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana, Drs. Purnomo, M.MKes.

Menurutnya, semua dilakukan agar kedisiplan bisa menjadi perhatian sejumlah pihak di Stikes Pelamonia, 

"Kedisiplinan ini menjadi keunggulan kami dibanding institusi. di sepanjang Makassar hingga Pare-pare, pasti ada lulusan dari kampus ini,"tukas Purnomo.

Loading...
Loading...