11 May 2017 11:53 WITA

Beasiswa Afirmasi Luar Negeri LPDP Buka Hingga Juli

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Beasiswa Afirmasi Luar Negeri LPDP Buka Hingga Juli
ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Selain beasiswa reguler LPDP, yakni BPI Program Magister dan Doktoral, saat ini juga dibuka Beasiswa Afirmasi 2017 LPDP untuk perkuliahan yang dimulai 2018. 

Ada empat jenis Beasiswa Afirmasi yang disediakan. Antara lain, Beasiswa Afirmasi daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal, Beasiswa Afirmasi Pengabdian di Daerah Perbatasan dan/atau Tertinggal, Beasiswa Afirmasi Bagi Alumni Beasiswa Bidikmisi atau Kelompok Masyarakat Berprestasi dari Keluarga Miskin, dan Beasiswa Afirmasi Olimpiade Sains, Teknologi, Olah Raga, Seni/ Budaya, dan Keagamaan.

Beasiswa Afirmasi ini menyasar kelompok masyarakat tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus. Misalnya mereka yang menetap di daerah tertinggal atau terluar di Tanah Air. Sehingga secara ekonomi maupun sumber daya manusia masih di bawah rata-rata. Atau bagi mereka yang sedang mengabdi pada institusi pemerintah di daerah perbatasan dan/daerah tertinggal. Beasiswa Afirmasi LPDP ini juga bisa diikuti bagi alumni penerima beasiswa Bidikmisi atau masyarakat yang berprestasi dari keluarga miskin yang memiliki IPK 3,50.

Selain itu juga bagi masyarakat yang telah berjasa membawa nama bangsa Indonesia dalam bidang olahraga dan seni budaya baik di tingkat nasional maupun internasional juga diberi kesempatan untuk mendaftar Beasiswa Afirmasi LPDP 2017. 

Beasiswa Afirmasi ini merupakan beasiswa penuh yang menanggung semua kebutuhan studi penerimanya. Misalnya tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, biaya keberangkatan dan kepulangan, tunjangan keluarga, tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, seminar, visa, hingga asuransi kesehatan juga akan disediakan. Fasilitas lain semisal biaya pendaftaran ke universitas dan tunjangan kedatangan juga diberikan. 

Pendaftaran Beasiswa Afirmasi 2017 LPDP dapat dilakukan secara online melalui website resmi LPDP www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Untuk pendaftaran Beasiswa Afirmasi LPDP 2017 untuk luar negeri dibuka hingga 7 Juli 2017. Pertanyaan terkait Beasiswa Afirmasi LPDP bisa disampaikan melalui email: cso.lpdp@kemenkeu.go.id atau dapat melalui call center LPDP di 1500652.